Brilio.net - Bagi kamu pencinta hal-hal yang berbau Korea, pasti udah nggak asing lagi dengan kuliner asal negeri Ginseng. Tayangan K-Drama seringkali menghipnotis penontonnya sehingga ingin mencoba kuliner khas Korea, apalagi jajanan khas kaki lima mereka alias street food.

Seperti kebanyakan wilayah di Asia, negara kiblat K-Pop ini juga punya berbagai jajanan kaki lima yang menggoda iman. Tapi tentunya sebagian dari kamu pasti agak ragu ketika ingin mencicipi menu-menu makanan di Korea Selatan. Entah itu ragu apakah mengandung alkohol atau makanan yang diharamkan buat sebagian dari kamu nih.

Eits, tapi kamu nggak usah khawatir. Meski agama Islam menjadi minoritas di sana, ternyata ada beberapa jajanan kaki lima yang bisa kamu santap ketika lagi di sana dan ramah buat muslim traveler. Apa aja sih? Yuk, simak di bawah ini seperti dilansir brilio.net dari Havehalalwilltravel, Jumat (13/10).

1. Hotteok.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: maangchi.com

Hotteok adalah snack manis dan lembut dari tepung dengan isian gula merah, kacang dan kayu manis. Jajanan kaki lima ini sangat cocok dinikmati selagi panas di tengah musim dingin di Korea Selatan.

2. Bungeoppang.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: Yvonne's Korean Kitchen

Bungeoppang adalah roti yang berbentuk ikan dan memiliki rasa yang manis. Roti ini memiliki isi pasta kacang merah yang legit yang memiliki sensasi garing di luar, lembut di dalam. Sensasi lembut dan lumer dari pasta kacang merah akan terasa ketika jajanan ini masuk ke mulut. Nyum!

3. Twist potato.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: havehalalwilltravel

Kentang putar atau twist potato ini juga ngetren banget di kalangan anak muda Korea sana, yang suka dengan kuliner street food. Kentang ini biasanya akan dipotong kemudian ditusuk dengan stik dan diputar agar berbentuk seperti spiral. Biasanya kentang ini akan dipanggang dan dicelupkan pada bubuk keju manis atau pedas.

4. Gyeran-ppang.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: foodfromkorea.com

Gyeran-ppang adalah roti telur yang sangat disukai oleh banyak turis yang berkunjung ke Korea Selatan. Sesuai dengan namanya, Gyeran-ppang tentunya dibuat dari bahan-bahan yang halal yakni telur dan roti.



Yang membuat spesial dari gyeran-ppang adalah adanya topping ekstrak vanila, garam, gula, dan lelehan keju mozzarella. Karena dibuat dari roti dan telur, maka gyeran-ppang bisa dikonsumsi oleh traveler muslim yang ingin mencari jajanan di Negeri Ginseng.

5. Chamchi Kimbab.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: pann

Bukan liburan ke Korea namanya kalau kamu nggak mencicipi kimbab. Namun pasti jadi ragu untuk beli nih? Tenang, karena ada chamchi kimbab atau tuna kimbab yang bisa kamu nikmati sampai puas.

Makanan yang mirip dengan sushi di Jepang ini biasanya terdiri dari nasi, sayur-sayuran, kimchi, dan isian berupa daging, ataupun ikan. Nah untuk pilihan buat kamu yang ingin menikmatinya, kamu bisa mencoba chamchi kimbab ini.

6. Tteokpokki.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: kimchiandbasil.com

Jajanan kaki lima ini memang sudah bisa kamu temukan di Indonesia. Tapi, tentu saja cita rasa original dan otentik akan bisa didapatkan ketika kamu bisa menikmati tteokpokki di negara asalnya. Camilan ini terbuat dari kue beras, bakso ikan, dan kuah kaldu yang terbuat dari ikan teri, serta pasta cabai khas Korea Selatan.

7. Pajeon.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: travelguru

Kalau dilihat sekilas kamu pasti berpikir kalau makanan ini mirip dengan martabak telur? Namanya adalah pajeon atau pancake daun bawang. Bahan utamanya adalah tepung, potongan daun bawang, dan telur. Biasanya diberikan pelengkap seperti udang atau cumi-cumi. Kuliner ini cocok untuk dijadikan camilan pengganjal perut.

8. Bingsu.

jajanan korea halal © 2017 brilio.net

foto: houseofhaos

Bingsu adalah es serut khas Korea Selatan yang terkenal dengan porsinya yang besar serta topping yang beragam. Yang paling terkenal tentu saja Bingsu yang diberi pelengkap kacang merah manis. Kamu pasti suka, deh!

RECOMMENDED