Brilio.net - Kamu yang pernah mengecap indahnya masa-masa di tahun 90an pasti deh punya banyak cerita tentang jajanan es legendaris kala itu yang lucu, unik sekaligus beraneka ragam. Nggak lupa juga cerita gimana orang tuamu punya banyak alasan untuk melarang anak-anaknya beli jajanan tersebut. Ah, pokoknya ada banyak keseruan dibalik jajanan es di tahun-tahun tersebut.

Semua akan mengangguk setuju kalau 7 jajanan es anak 90an yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/3) ini ngangenin banget sekarang. Bikin kamu rindu masa-masa di mana masalah hidup hanya gimana caranya jajan es tanpa dimarahin orang tua, iya nggak?

1. Es gabus.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: cookpad.com

Es yang biasanya bentuknya mirip kue ini emang mirip gabus dingin. Saat airnya dihisap, maka tinggal 'gabus'nya yang tersisa. Hayo, masih inget nggak?


2. Es goreng.

Es Legen © 2017 Istimewa

foto: pinterest.com

Entah gimana awal pemberian nama es ini hingga dinamakan es goreng, padahal cara masaknya nggak ada yang digoreng. Es legendaris ini adalah es potong biasa yang dicelup ke sirup kacang dan cokelat. Yummy..


3. Es gosrok warna-warni.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: hemmatya.mywapblog.com

Ini adalah es yang yang diserut atau digosrok kemudian dibentuk dengan alat sederhana. Stik bambu untuk memegang es dan dibentuk dengan alas gelas yang biasa ada di rumah-rumah itu. Simpel tapi enak


4. Es cao.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: asunsun.com



Dahulu hampir setiap 500 meter dipinggir jalam ditemukan penjual es cao. Ingat kuahnya yang berwarna pink dan cincao yang berwarna hijau tua? Penolong saat kehausan di jalan.

5. Es goyang.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: kemanajaboleh.com


Namanya heboh, seheboh cara penyajiannya yang harus dengan menggoyang-goyangkan cetakan bahkan gerobaknya. Es berbentuk segi panjang ini makin lezat kalau dilumuri cokelat cair.


6. Es selendang mayang.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: mscpangsibetawi.wordpress.com

Es asli Betawi ini hampir mirip es jenang. Hanya saja adonannya terbuat dari sagu dan aren yang dicampur kuah santan, juruh gula jawa dan es batu. Rasanya gurih manis legit dan bikin kangen, itu.


7. Es lilin.

Es Legen © 2017 Istimewafoto: resepkafe.com


Es lilin ini adalah es yang paling gampang dijumpai. Hampir di setiap warung menjual es lilin yang diletakkan di dalam termos es yang sekarang mungkin hampir punah. Kecil, murah dan menyegarkan lagi melegenda, itulah es lilin.

RECOMMENDED