6 Jajanan tradisional ini dibuat kekinian biar nggak ketinggalan zaman

Hits

6 Jajanan tradisional ini dibuat kekinian biar nggak ketinggalan zaman

Ingat nggak sih waktu SD dulu sama jajanan-jajanan tradisional.

Annisa Amalia Hapsari, 26 Januari 2018 18:26

Brilio.net - Ingat nggak sih waktu SD dulu sama jajanan-jajanan tradisional yang selalu berbaris rapih di luar pagar sekolah? Saat itu rasanya kayak di surga kalau lagi jam istirahat atau pulang sekolah. Apalagi kalau pulangnya dijemput orang tua, langsung diborong semua deh jajanan yang ada.

Mulai dari es potong, lidi-lidian, martabak mini, permen gulali yang bentuknya bermacam-macam atau arumanis. Banyak banget deh jajanan tradisional yang bikin kangen sama masa kecil dulu. Sayangnya, beberapa dari jajanan tradisional yang dulu ada, sekarang sudah susah ditemuin atau bahkan sudah nggak bisa ditemuin lagi alias punah.

Namun, masih ada beberapa jajanan tradisional yang masih eksis hingga kini, tentunya dengan berbagai macam modifikasi. Biar nggak ketinggalan zaman, jajanan-jajanan tradisional ini ngikutin tren makanan yang lagi ngehits saat ini. Berikut 6 jajanan tradisional yang dibuat kekinian seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/1).

1. Cireng

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@cirengjupe

Makanan khas orang Sunda yang terbuat dari tepung tapioka ini dulunya hanya salah satu jenis gorengan. Biasanya dimakan dengan saus oncom atau sudah ada isian oncomnya. Sekarang, cireng nggak cuma berisi oncom atau diguyur saus oncom saja, sudah banyak yang menjual cireng dengan isian yang beragam kayak sosis, keju, bakso, atau kornet. Selain itu sekarang cireng juga jadi camilan kelas atas karena sudah dimodifikasi dengan lelehan keju mozarella.

2. Kue Cubit

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@warung_instamie

Kue manis dengan tekstur setengah matangnya yang khas ini emang enak banget deh. Apalagi kalau dimakan waktu masih hangat. Kalau dulu toping kue cubit cuma taburan meses coklat atau warna-warni, kini varian toping kue cubit sudah bermacam-macam. Dari remahan Oreo, keju, coklat Nutella sampai Kitkat matcha. Warna adonannya juga ada yang warna-warni lho.

3. Pisang Goreng

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@gorengangirang

Nah ini nih jenis gorengan yang selalu bisa kamu nikmati kapanpun. Rasa pisang yang manis bertemu dengan kulit pisang goreng yang crunchy bakal memanjakan lidah kamu deh. Nggak cukup dengan model pisang goreng yang gitu-gitu aja, sekarang pisang goreng dimodifikasi jadi nugget pisang yang pastinya nggak kalah enak. Belum lagi nugget pisang ini hadir dengan varian toping kekinian. Seperti matcha, red velvet, keju dan coklat.

4. Mochi

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@mochi_sakurajogja

Berbahan dasar sama dengan cireng, panganan tradisional yang satu ini juga dibuat kekinian. Pada umumnya mochi berisi kacang tumbuk yang masih kasar. Nah kali ini agak berbeda, mochi berisi es krim. Kebayang dong lembut dan manisnya kulit mochi terus ketemu dinginnya es krim yang bakal meleleh ketika kamu menggigitnya. Yummy!

5. Martabak

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@xcafe_jogja

Panganan yang identik dengan buah tangan ketika kamu mau ke rumah pacar ini juga dibuat kekinian. Pasti sudah tahu dong martabak kekinian itu yang kayak apa? Yups martabak zaman sekarang punya toping yang sangat beragam dan kekinian banget. Bahkan topingnya yang beragam itu bisa kamu dapatkan semua dalam satu loyang martabak.

6. Surabi

6 Jajanan tradisional © 2018 instagram

foto: Instagram/@soerabikangsena

Makanan yang dulu hanya punya dua toping yaitu oncom dan taburan gula atau coklat meses ini sekarang sudah memiliki banyak pilihan toping. Nggak cuma toping kekinian yang manis saja, toping dengan rasa asin yang beragam juga ada. Tinggal disesuaikan dengan selera aja mau yang manis atau asin.

RECOMMENDED

(brl/swh)

Jajanan Tradisional Jajanan kekinian Jajanan
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

Hada Hiroshi, penjual takoyaki di Solo dengan harga Rp 5 ribu
11 Resep makanan unik, simpel, kreatif, dan menggugah selera
7 Resep dan cara membuat krim kue lembut, enak & mudah
11 Manfaat bawang putih hitam untuk kesehatan dan kecantikan
6 Cara membuat keripik singkong, renyah dan gurih
Back to top BACK TO TOP