6 Cara minum kopi khas Nusantara, semakin nikmat untuk diseruput foto: shutterstock.com

Hits

6 Cara minum kopi khas Nusantara, semakin nikmat untuk diseruput

Beda budaya, bisa beda cara meminum kopi.

Brilio + #abcsusunow
, 29 Januari 2019 09:01

Brilio.net - Anak muda sekarang tak bisa dipisahkan dari nikmatnya kopi. Lebih-lebih dengan menjamurnya berbagai kafe yang menyajikan kopi artisan di penjuru kota, membuat agenda nongkrong anak muda terasa hambar jika tanpa kopi.

Termasuk saat kamu dikejar deadline tugas, kopi jadi teman setia. Kafein dalam kopi memang paling bisa bikin kamu bersemangat menghadapi tantangan di depan mata.

Meminum kopi bukan sekadar minum. Ada seni dalam menikmatinya. Sobat Brilio punya ritual seperti apa saat minum kopi?

Nah, Indonesia tak hanya dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbanyak dan nikmat di dunia. Cara minumnya pun beragam di berbagai belahan Tanah Air ini, tak sekadar diseruput. Beda budaya, bisa beda cara meminum kopi.

Kamu penasaran seperti apa saja? Dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (29/1), berikut enam cara minum kopi khas Nusantara yang unik.

1. Disajikan bersama durian.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Khas dari Sumatra, meminum kopi dengan durian jadi tradisi masyarakat di sana. Cara penyajiannya juga unik. Secangkir kopi dihidangkan dengan satu biji durian.

Ada beberapa versi cara menikmatinya. Pertama ada yang mencampur buah durian beserta bijinya langsung di kopi. Yang kedua mencocol durian ke kopi dan memakannya. Apa pun variasinya, meminum kopi bersama durian pasti jadi pengalaman tak terlupakan.

2. Diminum dari batok kelapa.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nggak pakai cangkir atau gelas, kopi ini dinikmati di batok kelapa. Penyajian ini terkenal dari Pakantan, sebuah desa di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi jenis ini dinamakan kopi Takar.

Biasanya kopi dicampur dengan gula aren dan kayu manis. Wah, sudah kebayang nih nikmatnya menyeruput kopi Takar dari sebuah batok kelapa.

3. Dinikmati secara tubruk.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sering dijumpai di Jawa dan Bali, kopi tubruk mempunyai banyak penikmat. Cara penyajiannya juga cukup mudah. Bubuk kopi langsung dicampur dengan gula dan air panas. Sari kopi akan semakin enak ketika dinikmati saat sedang panas-panasnya. Beda dari kopi lainnya, kopi tubruk mempunyai tempat spesial di hati penggemarnya.

Tak hanya gula saja, kopi tubruk ternyata bisa dinikmati dengan susu agar rasanya semakin mantap. Sekarang, kamu bisa bikin kopi susu tubruk yang nikmat hanya dengan Kopi Susu Tubruk ABC NOW, lho.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: ABC

Cara penyajiannya juga praktis dan cepat, cukup diseduh dengan 175 ml air panas dari dispenser dan aduk merata. Ya, Kopi Susu Tubruk ABC NOW dapat larut dengan air panas dispenser. Nggak ada lagi deh acara ribet sendiri saat bikin kopi susu tubruk.

Kopi Susu Tubruk ABC NOW cocok jadi pilihan saat ingin serba cepat dan nggak mau ribet. Penasaran dengan kopi tubruk praktis ini? Yuk, cek di sini demi sensasi ngopi nikmat dan praktis.

4. Dinikmati bersama arang.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: brilio.net

Di Yogyakarta, kopi dinikmati dengan arang membara. Sensasi ngopi seperti ini dinamakan kopi joss. Populer di angkringan, kopi ini sering dinikmati sambil menikmati syahdunya Yogyakarta. Ada banyak versi yang menyebutkan asal kata "joss". Salah satunya adalah dari suara arang yang masuk ke kopi hingga air mendidih dan berbunyi "joss".

5. Diracik dengan telur.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kopi diracik dengan telur pasti punya kenikmatan berbeda. Kopi ini biasa disebut dengan nama kopi talua. Khas dari Minangkabau, kopi ini menggunakan kuning telur di dalamnya.

Cara menyajikannya juga cukup gampang. Kopi dicampur dengan susu kental manis beserta serbuk kayu manis. Kuning telur kemudian ditambahkan dan diaduk sampai mengembang. Rasanya yang manis dan gurih membuat kopi talua jadi spesial bagi penggemarnya.

6. Diminum dengan gelas terbalik.

Cara minum kopi khas Nusantara berbagai sumber

foto: brilio.net/ivanovich

Ini nih yang bikin heran. Kopi walik biasa dinikmati dengan gelas terbalik. Rahasianya terletak dari pisin atau piring kecil. Meminumnya dengan cara menyeruput dari rembesan gelas terbalik tersebut. Hati-hati saat meminumnya. Jika tidak awas saat menyeruput, kopi bisa-bisa malah tumpah dan membasahi baju lho.

Jadi, mana yang ingin segera Sobat Brilio nikmati?

 

RECOMMENDED

(brl/tin)

#abcsusunow Kopi Minuman Minuman Unik Sponsored Content

More delicious idea for you

7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks
Fast food dan junk food ternyata nggak sama, ini 5 perbedaannya
10 Makanan murah ini baik untuk kesehatan kulit, ada kangkung
12 Makanan ini dapat mencerdaskan anak sejak balita
Menu baru khas Korea hadir di gerai McDonald's Indonesia
5 Makanan ini bisa memperparah radang tenggorokan
6 Bahan alat makan ini bisa sebabkan penyakit berbahaya
Sarapan 10 makanan ini sebelum wawancara kerja, biar tak ngeblank
Back to top BACK TO TOP