5 Jajanan khas Betawi ini cocok banget disantap usai nyoblos, enak!

Hits

5 Jajanan khas Betawi ini cocok banget disantap usai nyoblos, enak!

Cocok banget buat jadi cemilan sambil nungguin hasil Pilkada DKI putaran kedua.

Firda Olivia, 19 April 2017 11:24

Brilio.net - Indonesia memang punya sejuta ragam jajanan khas yang nikmat, tak terkecuali Jakarta. Ibu kota Indonesia ini juga punya beragam jajanan khas dari suku Betawi yang digemari baik turis lokal maupun mancanegara.

Selain rasanya yang nikmat jajanan ini juga menggugah selera lho. Cocok banget buat jadi cemilan kamu sambil nungguin hasil Pilkada DKI putaran kedua, Rabu 19 April 2017.

Apa aja sih? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, yuk simak di bawah ini. Biar nggak stres amat setelah nyoblos!

1. Kue Rangi

betawi culinary © 2017 berbagai sumberfoto: Bisnismurah

Kue yang terbuat dari adonan sagu dan kelapa yang kemudian dibakar dan disajikan dengan saus gula merah yang legit. Camilan ini bisa kamu dapatkan di berbagai pelosok Jakarta lho!

2. Kerak Telor

betawi culinary © 2017 berbagai sumberfoto: Pinterest

Jajanan ini pastinya nggak asing banget kan buat kalian. Jajajan khas asal Betawi yang paling ikonik ini terbuat dari nasi, telur dan bumbu yang kemudian dimasak di wajan kecil sampai men jadi kerak.

Nah setelah matang, kamu bisa menikmatinya dengan serundeng dan bawang goreng. Untuk mendapatkan kerak telur ini, kamu bisa mengunjungi Setu Babakan di Jagaraksa atau kawasan Jakarta Tua Jakarta.

3. Kembang Goyang

betawi culinary © 2017 berbagai sumberfoto: Whatsnewjakarta

Kembang goyang adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung beras, gula, telur dan minyak goreng. Dinamai kembang goyang karena proses pembuatannya yang bisa dibilang unik, yaitu dengan cetakan berbentuk bunga yang digoyang-goyangkan hingga adonannya lepas.

4. Asinan Betawi

betawi culinary © 2017 berbagai sumberfoto: Myeatandtravelstor

Eits, bukan cuma Bogor atau Bandung doang lho yang populer dengan jajanan asinannya. Jakarta juga punya olahan asinan yang memiliki cita rasa tersendiri.

Asinan Betawi dibikin dari sayuran yang disajikan dengan kacang goreng, bumbu kacang, krupuk, cabai serta cuka. Inilah yang menjadi pembeda dari asinan yang lainnya.

5. Bir Pletok

betawi culinary © 2017 berbagai sumberfoto: tugaskab.blogspot.co.id

Makan jajanan khas Betawi nggak lengkap rasanya kalau kamu belum menikmati bir pletok ini. Walaupun memakai kata 'bir', minuman ini 100% bebas dari alkohol lho. Jadi nggak bakalan bikin mabuk meski diminum berkali-kali karena bir ini terbuat rempah-rempah seperti jahe, daun pandan wangi dan serai. Segar banget kan?

Gimana? Jadi pengen nyicipin makanan khas Betawi kan?

RECOMMENDED

(brl/ton)

Jakarta Pilgub DKI 2017 Kuliner Indonesia Makanan Tradisional Jajanan Tradisional
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

Macam-macam jamur yang bisa dimakan, enak dan menyehatkan
10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
McDonald's Indonesia hadirkan mainan edisi 90-an
Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
5 Cara membuat gado-gado enak, sehat, mudah, dan sederhana
10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
Mencicip Kobra Imperial Kitchen, kuliner ekstrem cita rasa juara
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
Back to top BACK TO TOP