10 Hidangan buka puasa ala Timur Tengah ini lezatnya bikin ngiler

Hits

10 Hidangan buka puasa ala Timur Tengah ini lezatnya bikin ngiler

Bisa jadi inspirasi menu berbukamu selama sebulan. Biar nggak bpsen itu-itu aja ~

Yusuf Harfi, 06 Mei 2019 09:06

Brilio.net - Umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia tengah menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 Hijriah yang jatuh pada minggu pertama bulan Mei tahun 2019. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut momen datangnya bulan suci tersebut.

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat Ramadan ialah momen berbuka puasa. Momen tersebut ditunggu-tunggu setelah menawan lapar dan dahaga serta hawa nafsu sejak sahur. Pada saat buka puasa, berbagai hidangan pun disiapkan.

Menu buka puasa di berbagai negara pun beranekaragam. Seperti halnya negara-negara Muslim di kawasan Timur Tengah yang terkenal dengan hidangan buka puasa yang khas. Karena kekhasannya, hidangan-hidangan tersebut juga mulai mudah ditemukan di Indonesia, bahkan tidak hanya saat bulan Ramadan saja.

Hidangan-hidangan tersebut banyak dijajakan oleh restoran atau warung makan yang menawarkan hidangan ala Timur Tengah. Selain itu, hidangan-hidangan tersebut juga dapat dibuat sendiri di rumah.

Apa saja? Biar kamu nggak penasaran, yuk simak 10 hidangan buka puasa ala Timur Tengah yang bisa kamu coba di bulan Ramadan seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (6/5).
 
 
1. Nabi Kebuli.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@nasikebulijakarta


Bicara soal hidangan Timur Tengah khususnya Pakistan yang juga terkenal di Tanah Air, maka nasi kebuli merupakan jawaban yang tepat. Hidangan itu berbahan utama nasi, maka tak heran apabila nasi kebuli mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.

Nasi Kebuli disajikan dengan daging kambing dan ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas.

Di Indonesia, nasi kebuli sering menjadi sajian dalam perayaan keagamaan, tak terkecuali sebagai hidangan berbuka puasa saat bulan Ramadan.


2. Sup Harira.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@peacefulness_85


Sup Harira merupakan salah satu hidangan yang identik dengan buka puasa di bulan Ramadan. Hidangan yang populer di negara Maroko itu berisi potongan daging, bisa daging domba, ayam, maupun sapi yang dibuat sup.

Cara membuatnya pun relatif sama dengan sup-sup di Indonesia pada umumnya, yakni dengan bumbu-bumbu seperti bawah dan tomat. Selain itu, kamu bisa menambahkan bumbu seperti garam, merica, atau daun mint dan kayu manis untuk menambah cita rasa sup harira.

Dalam penyajiannya, biasanya sup harira dipadukan dengan roti dan madu. Kamu pun juga bisa memakannya dengan nasi


3. Kebab.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@maukebab.id


Hidangan ala Timur Tengah satu ini pasti sudah tidak asing bagi lidah orang Indonesia. Kebab yang berupa irisan-irisan daging dan sayur sudah banyak dijajakan di berbagai daerah di Indonesia. Kebab biasanya disajikan dengan saus yang dapat menyeimbangkan rasa dan membuatnya lebih sedap.

Pada umumnya, hidangan yang banyak ditemukan di Turki ini menggunakan daging domba, sapi, hingga unta sebagai bahan utamanya.

Di Indonesia sendiri, daging yang sering digunakan ialah daging sapi dan ayam, dibalut dengan roti tortilla yang memanjang. Bahan-bahan untuk membuat kebab tidak ribet, sehingga kebab cocok jadi hidangan buka puasa yang bisa dibuat sendiri di rumah.


4. Kue Baklava.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lezzetkolikk


Kue Baklava adalah hidangan khas Turki yang terkenal di berbagai negara, hingga Indonesia. Baklava adalah kue yang terbuat dari lapisan phyllo pastry yang berisi kacang cincang dan diberi sirup atau madu.

Kue Baklava sangat cocok menjadi sajian buka puasa di rumah sebagai makanan pembuka maupun penutup. Cita rasanya yang gurih dan manis dijamin menggugah selera. Apalagi, dipadukan dengan secangkir teh yang segar.


5. Tabouleh.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mediterraneaneatz


Tabouleh adalah hidangan vegetarian yang kaya akan serta. Hidangan khas Timur Tengah ini berisi sayuran yang dicincang halus dipadukan dengan bulgur, tomat, dan daun mint.

Semua bahan dicincang halus ditambah minyak zaitun sebagai dressing. Kata Tabouleh sendiri berasal dari kata tabulah yang berarti salad. Rasanya yang asam segar cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa.


6. Kue Basbousa.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tareekaa


Ingin memasak dessert atau makanan penutup  buka puasa khas Timur Tengah? Kue Basbousa bisa jadi pilihan yang baik. Basbousa adalah kue tradisional yang terkenal di Turki dengan tekstur yang empuk dan lembut.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kue Basbousa antara lain tepung, madu, mentega, yogurt, dan susu murni.

Kamu bisa menaburi kue dengan jus lemon maupun kacang-kacangan. Selain praktis, rasa manisnya yang khas sangat cocok untuk berbuka puasa di bulan Ramadan.


7. Hummus.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com


Hummus merupakan hidangan tradisional Timur Tengah berupa bubur yang berisi kacang dan wijen yang digiling dengan campuran minyak zaitun. Di sebagian negara di Timur Tengah, Hummus menjadi hidangan pokok sehari-hari.

Selain terkenal di seantero negara Timur Tengah, bubur Hummus juga mulai banyak dijajakan di Indonesia.


8. Moutabal.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com


Moutabal merupakan hidangan khas Timur Tengah yang tekstrunya mirip dengan Hummus. bedanya, makanan berbahan dasar terong ini memiliki cita rasa yang pedas sebagai pelengkap daging panggang dan roti.

Sama seperti Hummus, Moutabal mungkin akan membuat kamu menyodorkan piring untuk menambah lagi dan lagi karena rasanya yang sedap.
 
 
9. Kofta.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: taste.com.au


Inpirasi buka puasa ala Timur Tengah lainnya ialah Kofta. Hidangan tradisional Timur Tengah ini populer di Iran dan Pakistan. Kofta berbentuk bola-bola yang mirip dengan bakso di Indonesia.

Berbahan daging sapi atau domba, biasanya Kofta dibumbui bawang sebagai penyedap. Kofta biasa disajikan dengan digoreng maupun dioven. Hidangan ini paling cocok dinikmati dengan cocolan saus pedas.


10. Kue Kunafa.

buka puasa ala timur tengah © 2019 brilio.net

foto: archanaskitchen.com


Hidangan pencuci mulut ala Timur Tengah yang cocok untuk berbuka puasa lainnya yakni Kue Kunafa. Hidangan ini berupa kue keju yang direndam dengan sirup yang terbuat dari bihun atau semolina. Sejumlah restoran di kota besar di Indonesia pun mulai banyak menjajakan hidangan ini.

Namun, untuk membuatnya sendiri, kamu perlu usaha yang lebih untuk mencari bahan pokoknya di Indonesia. Resep kunafa bisa kamu cari di internet dengan berbagai kreasi.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)

Menu Buka Puasa Ramadan 2019 Menu Berbuka Puasa Idul Fitri 2019 Lebaran 2019 Kuliner Arab Kuliner Timur Tengah
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

More delicious idea for you

10 Resep makanan khas Jawa Barat mudah dipraktikkan
McDonald's Indonesia hadirkan mainan edisi 90-an
10 Manfaat minyak zaitun extra virgin untuk kesehatan
Mi ayam kelapa muda, kuliner unik lezat dan menyegarkan
Mencicip Kobra Imperial Kitchen, kuliner ekstrem cita rasa juara
10 Manfaat daun kelor untuk rahim dan cara mengolahnya
9 Resep nasi goreng pedas, enak, sederhana dan bikin nagih
Resep urip urip gulung, makanan kesukaan Sri Sultan HB IX
Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat
Back to top BACK TO TOP