Brilio.net - Tiga ekor gorila di kebun binatang San Diego, California dinyatakan positif Covid-19. Departemen Pertanian AS menyampaikan bahwa hewan tersebut dikatakan sebagai primata pertama di dunia yang tertular virus Covid-19. Dilansir brilio.net dari nationalgeographic.com pada Selasa (12/1), Direktur eksekutif Kebun Binatang San Diego, Lisa Peterson mengungkapkan bahwa ketiga gorila itu tinggal bersama 8 ekor lainnya. Kini kedelapan hewan tersebut tengah mendapatkan pemantauan khusus dari para penjaga.

"Beberapa (gorila) mungkin terinfeksi, tapi bisa jadi beberapa lainnya tidak," jelas Lisa.

Gorila positif Covid-19 © freepik.com

foto: freepik.com

Gorila menjadi spesies hewan ketujuh yang tertular Covid-19 secara alami. Sebelumnya diketahui beberapa spesies lainnya seperti harimau, singa, macan tutul, anjing dan kucing domestik sudah terinfeksi lebih dahulu. Lisa menjelaskan, diduga tiga gorila tersebut terinfeksi dari pekerja kebun binatang yang tidak memiliki gejala. Pasalnya, ia menerangkan bahwa kebun bintang sudah memiliki protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah infeksi. Selain itu juga diadakan kuisioner harian untuk para staf serta pakaian pelindung yang lengkap saat bersentuhan langsung dengan hewan.

Loading...

Kronologi kasus ini bermula saat dua gorila mulai mengalami batuk pada (6/1) lalu. Staf kebun binatang pun mengumpulkan sampel kotoran dan mengirimnya ke Sistem Laboratorium Kesehatan Hewan dan Keamanan Pangan California. Hasilnya, laboratorium tersebut serta Laboratorium Layanan Hewan Nasional (NVSL) USDA mengonfirmasi infeksi pada 11 Januari. Tak jauh berbeda dari manusia, ketiga gorila tersebut menunjukkan beberapa gejala seperti flu dan lesu.

Gorila positif Covid-19 © freepik.com

foto: freepik.com

Sementara itu, Presiden dan CEO Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium (AZA), Dan Ashe, menyatakan bahwa kabar terinfeksinya tiga gorila ini cukup mengkhawatirkan. Namun ia meyakini bahwa staf Kebun Binatang San Diego akan mengambil tindakan pencegahan. Selain itu dikatakan, saat ini semua kasus hewan yang terkonfirmasi tertular virus corona di AS telah difasilitasi oleh AZA seperti halnya Kebun Binatang Bronx, Kebun Binatang San Diego, dan Kebun Binatang Louisville, yang semuanya mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

RECOMMENDED BY EDITOR