Brilio.net - Apa sih menariknya dari proses kelahiran monyet? Mungkin kamu akan bertanya seperti itu saat membaca artikel yang satu ini. Memang kedengarannya kurang istimewa, meskipun hal ini akan ditanggapi dengan nada yang berbeda oleh peneliti hewan. Ternyata, banyak ahli yang belum tahu lebih dalam soal proses lahirnya bayi monyet.

Bahkan, alasan di balik fenomena mengapa monyet melahirkan di malam hari saja, baru diketahui baru-baru ini. Sebagaimana dikutip brilio.net dari BBC, jawabannya adalah untuk menghindari predator, Kamis (21/4). Meskipun demikian, ada juga spesies monyet, Rhinopithecus roxellana yang  melahirkan di siang hari dan angkanya sangat sedikit.

bidan monyet  Bin Yang

Fenomena paling mengejutkan ternyata adalah monyet yang juga membutuhkan bidan alias pendamping saat melahirkan. Terdengar ganjil nggak? Akan tetapi peneliti dari McGill University, Canada, Sarah Turner mengkonfirmasi bahwa hal ini merupakan fakta. Selanjutnya, Sara menjelaskan bahwa keberadaan bidan adalah untuk memberikan dukungan moral kepada induk yang sedang melahirkan.

Saat sudah ada tanda-tanda sang induk akan melahirkan, bidan ini kemudian mendekatinya dan terus mengawasinya. Bahkan, ketika bayi monyet lahir, sang bidan juga ikut berperan dalam menariknya.

Anehnya, sang bidan hanya diperbolehkan menggendong bayi monyet paling lama 77 menit. Setelah itu, sang induk akan merebutnya. Setelah itu, sang induk akan memakan plasenta. Biasanya, proses melahirkan pada monyet memakan waktu sekitar 4 menit 10 detik.