Brilio.net - Ikan koi adalah salah satu ikan hias yang merajai dunia ikan hias di Indonesia. Harga yang relatif stabil, serta corak yang menawan, membuat ikan ini menjadi primadona bagi para pecinta ikan yang menjadikan ikan sebagai peliharaan atau klangenan. Tak hanya itu, ikan koi yang bisa berumur hingga 200 tahun ini juga dinyatakan sebagai salah satu ikan dengan usia yang hampir mendekati abadi.

Nah, kalau kamu penasaran, ini dia fakta-fakta lain tentang ikan koi yang sayang sekali untuk kamu lewatka. Nah berikut ini yang berhasil brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/3).

1. Bisa menjadi teman seumur hidup

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: cara.pro

Karena takdir hidup koi yang sangat panjang, koi dijadikan salah satu hewan yang menjadi teman hidup mmanusia. Di Jepang, ada ikan koi yang hidup hingga 200 tahun.

2. Koi ikan samurai

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: tutorialbudidaya.blogspot.com

Koi terkenal sebagai ikan pemberani dan tidak takut terhadap apapun sampai mereka dibantai. Oleh karena itu, koi di Jepang disebut sebagai ikan samurai.

3. Koi merupakan karya seni Jepang

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: muza-chan.net

Koi mempunyai sejarah panjang sebagai ikan peliharaan. Ikan ini diimpor ke Jepang dari tempat asalnya di Asia tengah lewat China dan Korea.

4. Koi mudah menyesuaikan diri

Ikan Koi © 2016 brilio.net

foto: kotawisatablitar.blogspot.com

Koi juga dikenal sebagai ikan yang gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini bisa menempati hampir semua tempat, lho.

5. Koi lemah lembut dan jinak

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: isamas54.blogspot.com

Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, dan tidak ada seekor pejantan kasar yang mengganggu koi betina. Sebagai penghuni lama, koi tidak akan menyiksa koi pendatang baru. Koi sangat lemah lembut.

6. Raja ikan hias air tawar

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: clickdong.com

Koi merupakan ikan hias air tawar terbesar dan merupakan ikan bergengsi. Kepalanya besar dengan dihiasi sepasang kumis. Kumis inilah yang membedakannya dengan ikan mas koki.

7. Faktanya harga koi tidak terlalu mahal

Ikan Koi © 2016 brilio.net

foto: ragambudidaya.blogspot.com

Pada umumnya orang beranggapan bahwa koi sebagai ikan hias yang harganya mahal. Tapi jika kita mau memeliharanya mulai dari kecil ikan ini tidak terlalu mahal.

8. Warna-warninya beragam

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: manggaduaspot.blogspot.com

Koi mempunyai corak warna yang sangat beragam dan setiap pola warna koi sangat berbeda.

9. Koi mudah menerima makanan

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: asnugroho.wordpress.com

Salah satu sebab mengapa koi mudah dipelihara adalah karena koi mudah menerima makanan apa saja. Tidak seperti halnya pada budidaya kodok. Kodok sulit dibudidayakan karena perilaku makanannya sangat khusus.

10. Siapa saja bisa menikmati.

Ikan Koi © 2016 brilio.net foto: alamtani.com

Pada umumnya sebuah hobi hanya milik perorangan. Kalau seorang ayah mempunyai kegemaran memelihara burung, mungkin anggota keluarga yang lain tidak bisa ikut menikmati karena memang tidak tahu apa yang menarik dari burung tersebut. Tapi kalau memelihara koi, banyak orang yang bisa menikmati.