Brilio.net - Karya seni bisa datang dari siapapun termasuk hewan. Kamu nggak percaya? Bila dibekali dengan alat lukis, hewan bisa menciptakan karya abstrak yang keren. Walaupun mengherankan, sudah banyak contoh yang membuktikan hewan juga bisa berkarya. Ada juga hewan yang bahkan menjadi bintang dari pameran seni itu sendiri.

Tercatat ada berbagai jenis binatang yang pernah membuat karya seni. Mulai dari gorila, monyet, sampai burung pernah membuat karya unik. Binatang ini biasanya diberi kuas dan cat beserta kertas putih sebagai medianya. Seolah punya bakat natural, binatang tersebut akan mulai menggoreskan kuas pada kertas putih.

Banyak yang cukup kagum dengan karya seni dari hewan-hewan tersebut. Kebanyakan dari karya seni itu terlihat seperti coretan-coretan anak kecil. Tapi setelah diteliti lagi, karya hewan ini ternyata mempunyai nilai seni yang tinggi. Satu karya bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah.

Cerita binatang tersebut menarik untuk diikuti. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (3/2), ini 5 kisah binatang yang karya seninya bisa berharga jutaan rupiah.

1. Pigcasso, seekor babi dari Amerika Serikat.

Loading...

 seni hewan lukis © 2018 brilio.net

foto: Mirror.co.uk

Salah satu contoh terbaru adalah babi bernama Pigcasso dari Amerika Serikat ini. Setelah diselamatkan dari rumah jagal, Pigcasso ternyata mempunyai bakat di bidang seni. Karyanya bahkan sering dipamerkan dalam sebuah pameran seni. Tak tanggung-tanggung, ajang bernama OINK tersebut dilaksanakan di berbagai penjuru dunia seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan lain-lainnnya. Dilansir dari Mirror, salah satu karya Pigcasso bernilai Rp 57 juta. "Orang selalu tak percaya bahwa karya tersebut dibuat oleh seekor babi," ujar Joanne Lefson, pemilik babi tersebut.

2. Kelinci si artis cilik.

Dilansir dari Jumblejoy, dalam video di atas terlihat seekor kelinci yang menggoreskan kuas di kanvas. Pemiliknya hanya memberi kuas tersebut dan membiarkan sang kelinci untuk berkarya. Tingkahnya yang lucu membuat karya seninya jadi unik dan menarik. Pemiliknya, Shai Asor juga terlihat senang dengan karya peliharaannya itu.

3. Simpanse dari AS.

 seni hewan lukis © 2018 brilio.net

foto: Wired.com

Dilansir dari Wired, karya seni ini adalah hasil dari seekor simpanse bernama Bakhari dari AS. Terkesan simpel, kombinasi warna biru dan kuning membuat banyak kurator terkagum-kagum. Selain Bukhari, ada juga simpanse bernama Congo yang terjual hingga Rp 250 juta rupiah.

4. Gajah dari Thailand.

 seni hewan lukis © 2018 brilio.net

foto: Wired.com

Gajah dari Thailand memang terkenal pintar dalam mengambar. Bersama pelatihnya, mereka bisa membuat gambar bunga. Dilansir dari Wired, karya di atas adalah karya seorang gajah di kebun binatang Samutprakan, Thailand. Sayangnya, banyak yang mengkritisi cara pelatihan gajah tersebut karena mengandung kekerasan.

5. Orangutan dari AS.

 seni hewan lukis © 2018 brilio.net

Orangutan yang asli dari Sumatera tersebut tinggal di Colorado, Amerika. Hewan bernama Baka itu sering menggunakan kanvas sebagai media corat-coret. Dilansir dari BBC,karyanya bisa dilihat di museum Amerika Serikat. Primata jenis ini memang sering membuat karya yang bisa menarik perhatian para penikmat karya seni di seluruh dunia. 

RECOMMENDED BY EDITOR