Brilio.net - Seberapa besar ukuran ayam yang pernah kamu lihat? Ayam potong (broiler) memiliki berat panen sekitar 1,8–2,5 kg selama masa rawat 35 hari, seperti dikutip dari royalpoultry.co. Sedangkan ayam kampung super (atau juga disebut ayam jawa super) mampu mencapai berat panen sekitar 0,8–1,3 kg. Bagaimana jadinya jika ada ayam yang punya berat mencapai 4,5-6 kg? Kebayang nggak?

Ayam Brahma  © 2017 facebook

Dalam video berikut ini tampak seekor ayam dari berjenis Brahma Silver. Menurut The Press of World yang mengunggah video ini, ayam ini berada di Republik Kosovo. Pemiliknya bernama Fitim Sejfijaj.

Brahma adalah salah satu jenis ras ayam yang dikembangkan di Amerika Serikat. Ukurannya jauh lebih besar daripada tipe ayam potong pada umumnya. Ada yang menyebut jenis ayam raksasa ini berasal dari unggas Shanghai China, namun ada pula yang menyebut pengembangan dari unggas Cochin dari Bangladesh.

Ayam Brahma  © 2017 facebook

Ayam ini dikembangkan sejak tahun 1850an hingga tahun 1930. Berat jantannya rata-rata 5,5 kg namun bisa mencapai 8 kg. Sedangkan betinanya memiliki berat 4,5 kg hingga mencapai 6 kg. Brahma mampu menyelimuti dirinya sendiri ketika musim dingin. Telurnya seperti ayam potong berwarna cokelat dengan berat mencapai 55-60 gram. Ada beberapa varietas seperti Light Brahma dan Buff Brahma.

Lihat aja deh videonya berikut ini.