Brilio.net - Kepiting biasanya mengandalkan capitnya yang kuat untuk berburu mangsa. Kulitnya yang keras menjadi pertahanannya untuk melawan predator. Tapi kepiting ini berbeda dari yang lain. Kepiting ini menggunakan bahan yang ia temukan di laut dan memakainya sebagai senjata dan pertahanan. Dilansir dari kqed, Minggu (15/10) kepiting jenis ini disebut Decorator Crab.

kepiting anemone fashion © 2017 brilio.net

foto: kqed.com

Menariknya dari kepiting ini adalah kemampuannya untuk menempelkan karang, rumput laut atau lainnya ke tubuhnya. Tubuhnya sendiri mempunyai rambut yang berfungsi seperti kail. Dengan ini, kepiting tidak membutuhkan senyawa kimia seperti lem.

kepiting anemone fashion © 2017 brilio.net

Loading...

foto: kqed.com

Pertama, kepiting menggunakan capitnya untuk memotong koral atau rumput laut. Kepiting ini sangat pemilih. Terkadang, kepiting memilih anemone yang berbahaya untuk predator seperti Calliactis tricolor.

kepiting anemone fashion © 2017 brilio.net

foto: kqed.com

Terkadang, rumput laut dan anemone tumbuh di atas kulit kepiting. Mereka mendapatkan makanan dari kepiting itu sendiri. Selain kepiting yang diuntungkan, rumput laut atau anemone juga bisa tumbuh dengan baik. Bagi kepiting ini, berganti baju bukan hanya masalah fashion, tapi salah satu cara untuk bertahan hidup.

RECOMMENDED BY EDITOR