Brilio.net - Kementerian Pertanian menetapkan itik turi yang merupakan unggas asli Kabupaten Bantul, Yogyakarta, sebagai unggas unggulan nasional yang dapat dikembangkan di berbagai daerah. Hayo kamu tahu nggak?

"Itik turi merupakan kekayaan sumber daya genetik ternak Indonesia asli dari Kabupaten Bantul. Sesuai SK Kementerian Pertanian, itik turi merupakan lokal asli Bantul yang menjadi unggulan nasional," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kabupaten Bantul Pulung Haryadi beberapa hari lalu.

Menurutnya, itik jenis turi ini memiliki ketahanan terhadap segala iklim sehingga memiliki prospek yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Itik atau bebek yang termasuk dalam rumpun itik Jawa ini selain memeiliki produksi telur yang cukup tinggi, juga termasuk hewan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

"Kami terus menerus mengembangkan itik turi ini karena memang prospek ke depan sangat menjanjikan karena permintaan yang makin tinggi dari masyarakat untuk konsumsi telur dan daging bebek," terangnya.

"Satu ekor itik turi ini dalam satu tahun mampu bertelur hingga 230 butir, selain itu juga dikenal sebagai hewan tangguh karena mampu bertahan di segala cuaca dan mudah beradaptasi dengan lingkungan," ujarnya.

Pulung menambahkan sejak dikembangkan Pemkab Bantul sejak tujuh tahun silam, hewan ternak yang memiliki ciri telur berwarna biru kehijauan dan tubuh berbentuk botol serta tegap ini telah banyak diminati para pengusaha kuliner maupun usaha penggemukan itik.

"Banyak pengusaha peternakan yang mulai mengembangkan ternak itik turi ini, bahkan hingga luar daerah seperti Purworejo, Kebumen, Semarang (Jawa Tengah) hingga Papua," terangnya.

Lanjut dia, penetapan itik turi oleh Mentan sebagai unggulan nasional merupakan pertama dalam sektor komoditas unggas di Bantul, bahkan DIY. Ini adalah pencapaian yang luar biasa.

"Pengembangan itik turi ini dapat diarahkan secara jelas bagi upaya pemurnian, pelestarian, pengembangan dan penyediaan bibit unggul serta pemanfaatannya secara berkelanjutan untuk mewujudkan target utama pemerintah yakni pencapaian swasembada pangan nasional," pungkasnya.