Brilio.net - Setiap temuan yang baru sudah tentu membutuhkan nama agar mudah pencatatannya untuk bidang keilmuan. Termasuk para peneliti saat menemukan spesies hewan baru. Para ilmuwan menamai dinosaurus berduri dengan badan mirip tank serta memiliki ekor palu godam seperti nama binatang buas dalam film Ghostbusters.

Dinosaurus baru ini diberi nama Zuul, karakter dalam film Ghostbusters yang mengancam Bill Murray, Dan Aykroyd dan kawan-kawannya. Zuul ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 20 kaki (enam meter) dengan beratnya dua setengah ton dan hidup 75 juta tahun lalu.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa fosil dinosaurus baru ini dikutip Antara, Rabu (24/5), ditemukan di tanah tandus bagian utara Montana, Kanada. Zuul termasuk satu kelompok dinosaurus periode Cretaceous yang disebut ankylosaurs. Jenis ini termasuk binatang darat dengan perlindungan paling kuat. Mereka terlindung lapisan bertulang dari moncong sampai ujung ekor, seringkali berduri dan ujung ekornya bisa digunakan untuk menghancurkan kaki-kaki predator seperti sepupu Tyrannosaurus rex, Gorgosaurus, yang hidup bersama Zuul.

Dalam film tahun 1984, Zuul digambarkan sebagai makhluk setengah dewa Near East yang berupa monster serupa anjing besar, bertanduk dengan mata merah berpijar. Penamaan dinosaurus itu terinspirasi oleh kemiripan bentuk tengkoraknya dengan tengkorak monster 'Ghostbusters'.

"Kami merasa sangat terhormat dengan menyesuaikan nama makhluk ini dengan sebutan yang kami gunakan untuk 'anjing teror' dalam film, dan itu Zuul, Z-U-U-L," kata ahli paleontologi Royal Ontario Museum, David Evans.

Loading...

Hasil riset itu dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science ini sekaligus menjelaskan bahwa ekor dinosaurus ini memiliki panjang sekitar tiga meter dan merupakan senjata pertahanan utamanya.

RECOMMENDED BY EDITOR