Brilio.net - Kondisi stres bisa menyerang siapa saja. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terkena stres. Bahkan nggak main-main, stres yang disepelekan akan mengakibatkan berbagai penyakit pada tubuh kita. Stres bisa timbul dari berbagai hal yang memberikan tekanan.

Coba alihkan pikiranmu sejenak untuk mengurangi stres. Sebelum semakin parah lebih baik kamu mencari hal-hal yang membuatmu senang dan meringankan isi kepala. Beragam cara dapat dilakukan agar meminimalisir stres, diantaranya adalah berolahraga, berlibur, ataupun menekuni hobi.

Hobi memelihara dan merawat hewan baik untuk meredakan stres lho. Bahkan memelihara hewan nggak perlu repot kok. Kamu bisa memelihara ikan cupang untuk mengisi rumahmu. Keindahan ikan cupang dianggap beberapa orang dapat memanjakan mata dan menghilangkan rasa stres.

Ikan cupang adalah ikan air tawar yang habitatnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antar lain adalah Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif. Umumnya, ikan cupang dibagi dalam tiga golongan yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Nah untuk kamu yang belum mengetahui apa saja jenis cupang yang cocok untuk peliharaan, coba simak rangkuman brilio.net pada Selasa (2/12) dari berbagai sumber.

Loading...

1. Ikan cupang double tail.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: iStockphoto

Ikan cupang ini memiliki tampilan yang menarik. Bentuknya yang mirip dengan cupang halfmoon, memiliki bentuk seperti bulan sepotong. Namun bedanya dengan cupang halfmoon, jenis cupang double tail memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Maka tak heran jika ikan ini disebut cupang ekor ganda. Warna yang dimiliki cupang double tail sangat beragam, namun bisa dikatakan cukup langka di pasaran. Untuk kamu yang ingin memelihara ikan ini, sebaiknya perhatikan larangan-larangan yang perlu dihindari. Dan yang juga membuat cupang ini menarik adalah harganya yang fantastis, kisaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

2. Ikan cupang fancy.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: iStockphoto

Ikan ini memiliki sirip yang tidka besar seperti ikan cupang double tail. Namun keunggulan ikan ini adalah warnanya yang cantik. Kombinasi warna yang manis pada ikan ini juga membuat harganya menjadi lebih mahal. Jika kamu menyukai warna yang menarik pada cupang fancy, bersiap-siaplah merogoh uang yang lebih dalam, karena semakin menarik warnanya akan mebuat harga cupang ini semakin mahal. Harga yang di banderol mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

3. Ikan cupang giant.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: iStockphoto

Yaps, seperti namanya, ikan ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding ikan cupang lainnya. Hal ini terjadi karena ikan cupang giant merupakan hasil dari persilangan berbagai macam jenis cupang. Akibatnya, ikan ini memiliki ukuran mencapai 10 hingga 15 cm. Ikan ini berasal dari Thailand dan banyak ditemukan di danau-danau. Selain cocok untukperliharaan, ikan ini juga biasa kamu gunakan sebagai ikan cupang aduan, akrena tubuhnya yang besra dan sifatnya yang agresif. Harga yang dibanderol untuk ikan cupang giant bervariasi. Untuk anakan cupang giant berkisar Rp 50.000, dan ikan cupang giant petarung berkisar Rp 500.000 hingga Rp 1 juta.

4. Ikan cupang plakat.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: iStockphoto

Pelakat adalah jenis ikan cupang yang banyak dijual di pasaran dan termasuk yang sering dicari. Sama dengan ikan cupang giant, cupang plakat juga berasal dari Thailand. Bahkan nama plakat dalam bahasa Thailand berarti petarung. Ikan ini memiliki ciri-ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya tidak terlalu mencolok dan tubuhnya juga cukup besar. Sehingga ikan ini selain cocok untuk peliharaan juga bisa dijadikan sebagai petarung. Namun hati-hati karena ikan ini agresif apabila melihat pesaing di dekatnya. Harga yang ditawarkan untuk ikan ini berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 2 juta.

5. Ikan cupang halfmoon.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@bettafish_medan

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di poin sebelumnya, ikan cupang halfmoon memiliki bentuk ekor dan sirip yang menyerupai bulan sbit atau dikenal dengan nama big ear. Melihat keindahan ikan ini di akuarium dapat meredakan rasa stres yang menghantuimu. Ikan ini merupakan hasil perkawinan yang dilakukan di Amerika Serikat. Sedangkan untuk harganya kamu perlu menyiapkan dana mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 500.000.

6. Ikan cupang serit.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@aabetta_s

Ikan cupang ini cukup menarik karena bentuknya yang unik. Bentuknya yang sepeti lembarang tersobek-sobek menjadi daya pikat bagi para pecinta cupang. Jadi nggak heran kalau harga ikan ini dibanderol cukup mahal. Bahkan ikan ini sudah dipertandingkan di ajang International betta Congress. Untuk harga ikan cupang serit tergolong terjangkau, karena untuk anakan dimulai dari Rp 15.000, sedangkan harga indukan serit sekitar Rp 60.000 - Rp 300.000.

7. Ikan cupang slayer.

7 Jenis ikan cupang terbaik untuk peliharaan & peredam stres © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@betta_fish_01

Kamu pasti akan jatuh cinta dengan ikan cupang slayer. Keindahan bentuk dan warnanya ternyata hasil dari perkawinan ikan cupang halfmoon dan serit. Kamu mungkin juga tidak asing melihat ikan ini, karena cupang slayer sering dijual di sekolah-sekolah. Biasanya cupang slayer anakan di banderol harga dari Rp 25.000, sedangkan cupang slayer juara dibanderol harga Rp 300.000.

RECOMMENDED BY EDITOR