Brilio.net - Tidak hanya soal perasaan, terkadang kita juga salah menebak apakah makhluk hidup itu hewan atau tumbuhan. Apalagi spesies yang hidup di bawah laut. Wah ini, bisa-bisa kita terjebak dengan bentuk mereka. Bahkan, tanpa sadar kita menyebut spesies tumbuhan sebagai hewan.

Biar nggak keliru lagi, yuk cek hewan laut apa saja yang sering kita sangka sebagai tumbuhan sebagaimana dihimpun brilio.net dari IFL Science, Senin (2/5).

1. Sponge.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Jika kamu lihat gambarnya, kamu tidak akan menyangka jika spesies ini adalah hewan. Memang sponge sangat berbeda jika dibandingkan dengan hewan laut lainnya. Kemampuannya untuk menumbuhkan sel yang telah rusak merupakan keunggulan dari spesies ini. Selain itu, hewan ini juga tidak mempunyai organ.

2. Sea cucumber.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Jangan tekecoh dengan bentuknya. Seakan-akan hewan ini memang mirip dengan tumbuhan berbentuk tabung. Ternyata, sea cucumber ini mempunyai tentakel di mulutnya lho. Fungsinya adalah untuk menangkap plangton sebagai makanannya.

BACA JUGA: 10 Simbol toilet ini unik dan menggelitik, kamu paham nggak?

3. Karang.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Banyak orang mengasosiasikan karang sebagai tumbuhan. Padahal, karang tidak bisa berfotosintesis. Artinya karang digolongkan sebagai hewan. Di area mulutnya, karang ternyata mempunyai mini tentakel untuk menyerap nutrisi.

4. Sand dollar.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Nama lain dari sand dollar adalah sea biscuit. Mungkin bentuknya memang mirip dengan biskuit yang sering kita makan. Dalam mencari makan, sand dollar menggunakan duri yang ada pada tubuh mereka. Biasanya hewan ini membenamkan di pasir untuk menghindari predator.

5. Giant tube worms.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Hewan ini biasanya hidup di aera hydrothermal di bawah laut. Spesies ini sangat mengandalkan bakteri dalam memproses nutrisinya karena hanya mempunyai perut sementara.

6. Pompeii worm.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Spesies ini bukanlah sembarangan cacing. Pompeii worm mampu bertahan di suhu 80 derajacat celcius. Tidak banyak hewan yang bisa bertahan dengan suhu di atas 50 derajat celcius. Memang adaptasi cacing ini terhadap suhu yang begitu panas masih menjadi pertanyaan bagi para ilmuan.

7. Sea anemone.

hewan laut aneh  © 2016 brilio.net

Bentuknya memang lucu, seperti tanaman hias. Tetapi spesies ini ternyata masuk dalam golongan predator. Sayangnya, banyak orang yang memperjualkan hewan yang satu ini hingga mencemaskan jumlah populasi sea anemone saat ini.