Brilio.net - Berbagai satwa yang banyak tersebar dan terbagi di seluruh belahan dunia membuat wawasan dan pengetahuan makhluk hidup kita terus bertambah. Mulai dari satwa yang bisa dipelihara hingga yang juga berbahaya dan harus hidup di alam liar.

Habitat beberapa hewan ini juga di alam liar agar kelangsungan hidup mereka tetap terjaga. Kita juga mengenal beberapa cara hewan hidup di alam liar dengan memiliki perlindungan diri masing-masing. Seperti ular dengan bisanya, kucing dengan cakarnya hingga buaya dengan gigitan dan ekor mautnya.

Dikutip brilio.net dari Listamaze, Minggu (8/7) hewan juga memiliki kelebihan yang tidak hanya dari bagian tubuh mereka, ada juga yang mengandalkan pita suara ketika mereka merasa terancam. Simak binatang-binatang dengan pita suara tinggi sebagai berikut.

1. Hyena

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Hyena yang memang berbentuk seperti anjing ini adalah predator atau hewan pemangsa yang licik dan pengecut. Ketika merasa terancam, ia akan mengeluarkan suara berdecit yang memekak hewan lain agar dijauhi untuk melindungi dirinya sendiri.

 

2. Serigala abu-abu 

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net


Jenis serigala memang banyak ditemukan di hutan di seluruh dunia, selain serigala western yang kuat memang diandalkan sebagai pemangsa untuk menemani seseorang yang ingin berburu, serigala abu ini ternyata memiliki suara dengan oktaf yang tinggi serta mengaum dalam waktu yang panjang.

 

3. Gajah

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Pernah mendengar suara gajah mengamuk? Suara yang menggema saat mereka berteriak ini ternyata bisa memekak sekelilingnya. Gajah biasanya berteriak ketika mereka mulai terasa terancam dan meminta bantuan gajah lainnya yang ada di wilayah tersebut.

 

4. Cicadas 

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Binatang yang jarang ditemui di Indonesia ini ternyata juga serangga dengan suara paling mematikan di dunia. Cicadas sendiri memang memiliki warna yang colorful dan tak biasa, banyak yang ingin menangkapnya untuk dijadikan hiasan, Cicadas sendiri bisa membuat mangsanya menghindar dengan suara yang ia miliki dengan mengacaukan pendengaran sebagai polusi suara.

 

5. Howler monkey

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Primata yang satu ini juga memiliki pita suara yang kencang, selain memang monyet diketahui mempunyai suara yang berisik, howler juga memakai suaranya untuk membuat lawannya takut saat mereka terlibat pertikaian, cara yang cukup cerdik dan memekak telinga juga, ya.

 

6. Udang macan

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Udang macan ini dikenal sering mengacaukan pendengaran penyelam saat berada di dalam lautan, mereka dengan sengaja membuat gelembung air agar penyelam tidak mendekati daerah habitat mereka untuk menangkap. Gelembung ini pun biasanya bisa terdengar hingga berjarak 100 kilometer dari wilayah mereka berada.

 

7. Paus sperma

7 hewan suara tinggi  © 2018 brilio.net

Dengan bentuknya yang sangat besar di lautan, paus sperma ini memang bisa hidup di kedalaman laut dengan tingkatan suara supersonik. Paus ini pun juga bisa mengeluarkan suara yang kencang dan mengganggu makhluk laut lainnya dengan jarak lebih dari 500 kilometer dari titik di mana paus tersebut berada.