Brilio.net - Tiada yang sia-sia dalam hidup, apalagi makhluk hidup. Tak cuma manusia yang punya tujuan dan manfaat dalam hidup ini, hewan pun juga punya tujuan dan 'fungsi'nya dalam hidup ini.

Adanya hewan di dunia sangat bermanfaat bagi manusia. Seperti yang kamu tahu hewan sapi, ayam, kambing, atau ikan, merupakan sumber bahan pangan. Sementara, anjing membantu polisi untuk melacak jejak penjahat dan narkoba. Nah, berikut 7 hewan yang memiliki kemampuan tak terduga untuk membantu manusia, seperti dilansir brilio.net dari LIFE DEATH PRIZES, Senin (21/3):

1. Musang

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Kemampuan musang berjalan di ruang-ruang sempit, membuatnya 'dipercaya' bertugas membantu manusia menarik kabel bawah tanah. Musang ini dilatih menggunakan sebuah tali pengaman yang melilit tubuhnya untuk membawa kabel sampai tujuan. Jangan salah lho, musang sudah diperbantukan di kilang-kilang minyak, perusahaan telepon, kru kamera, bahkan di bidang militer.

2. Lumba-lumba

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Lumba-lumba hidung botol memiliki kemampuan super sonar yang bisa membantu menemukan tambang di laut. Lumba-lumba mendapatkan gambaran metal dari objek dengan membuat pencocokan suara serta kemampuan ekolokasi mereka. Setelah melaporkan respons ya atau tidak kepada pengendali mereka, lumba-lumba akan berenang ke arah tanda bahaya dengan pelampung pada baris tertimbang sebagai tanda pengiriman.

3. Cacing bercahaya dan kunang-kunang

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Beberapa tentara dalam Perdang Dunia I menemukan cacing bercahaya dan kunang-kunang dapat menerangi sekeliling. Tak heran mereka mengumpulkan hewan itu ke dalam toples untuk membaca peta dan surat.

4. Angsa

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Angsa memiliki penglihatan super sensitif, mampu melihat lebih jauh dan detail daripada anjing atau manusia. Angsa juga telah dipergunakan untuk membantu menjaga instalasi militer, lho.

5. Kormoran (burung laut)

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Kormoran dimanfaatkan membantu nelayan tradisional di Jepang dan China. Jadi, kalau nelayan memancing kala gelap, mereka hanya bermodal lampu gantung dan kormoran yang telah dilatih untuk menyelam. Kormoran ini bakal membantu untuk mencari ikan.

6. Tikus

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Tikus memang ngeselin, ya? Tapi ternyata di Mozambik (sebuah negara di Afrika bagian selatan) tikus raksasa bermanfaat mendeteksi lahan sumber tambang. Mereka mengendus material tambang tersebut dan menggaruk tanah untuk memberitahu manusia. Tikus itu kemudian mengarah ke tempat tambang yang aman.

7. Gajah

hewan job  © 2016 brilio.net

foto: lifedeathprizes.com

Di India, gajah dimanfaatkan untuk mengeksekusi penjahat pada zaman dulu. Mereka dilatih menginjak penjahat tersebut. Serem, ya? Tapi, cara ini sudah nggak berlaku, kok. Justru mereka diperbantukan untuk tugas lain yang 'ramah', semisal menggerakkan potongan pohon di industri logging di Burma.

Wah, hewan-hewan di atas keren, ya? Makanya, jangan asal bilang hewan jelek, apalagi menyiksa mereka. Hewan juga bagian penting dalam menjaga keseimbangan semesta, lho.