Brilio.net - Bagi sebagian orang, memelihara hewan peliharaan merupakan aktivitas menyenangkan. Tidak hanya sebagai peliharaan, hewan-hewan tersebut juga sering dijadikan teman bagi sang pemilik.

Selain dapat mendatangkan kesenangan bagi pemiliknya, memelihara hewan peliharaan juga diyakini memiliki beberapa manfaat secara psikis, seperti menumbuhkan rasa tanggung jawab, mengurangi rasa stres, hingga menumbuhkan rasa percaya diri.

Memelihara hewan peliharaan pun kini telah menjadi gaya hidup. Tak terkecuali bagi para politisi. Beberapa politisi baik di Indonesia maupun luar negeri diketahui juga memelihara hewan peliharaan yang beraneka ragam.

Apa saja? Brilio.net merangkum lima hewan peliharaan politisi yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (19/4) berikut ini.

1. Anjing.

hewan peliharaan politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@barackobama

Anjing adalah hewan peliharaan favorit para politisi. Beberapa pemimpin negara seperti mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull yang memelihara tiga ekor anjing bernama Roxy, Jo Jo, dan Dusty. Bersama istrinya, ia kerap mengajak tiga ekor anjing peliharaan beraktivitas di luar rumah seperti sekadar jalan-jalan.

Hewan yang disebut-sebut sebagai sahabat manusia ini juga menjadi hewan peliharaan favorit presiden-presiden Amerika Serikat, mulai dari George Bush, Barack Obama, hingga Donald Trump.

2. Kucing.

hewan peliharaan politisi © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sandiuno

Selain anjing, kucing merupakan hewan yang sering dijadikan peliharaan para politisi dunia. Seperti halnya, politisi Indonesia Prabowo Subianto yang memelihara kucing bernama Bobby.

Selain Prabowo, politisi lain yang memelihara kucing antara lain Perdana Menteri Inggris, Theresa May yang memelihara kucing bernama Lary.

3. Kambing.

hewan peliharaan politisi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Agak berbeda dengan lainnya, beberapa politisi juga diketahui memelihara kambing, seperti halnya Presiden Jokowi yang memelihara kambing di istana negara. Bahkan, beberapa waktu lalu kambing peliharaannya melahirkan seekor anak.

Selain Jokowi, mantan Presiden Amerika Serikat Benjamin Harriso juga pernah memelihara kambing bernama His Whisker di Gedung Putih.

4. Kuda.

hewan peliharaan politisi © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Raja Abdullah dari Arab Saudi dikenal memiliki hewan peliharaan berupa kuda paci. Tidak hanya memelihara secara khusus seekor saja, Raja Abdullah diketahui memiliki lebih dari seribu kuda.

Selain Raja Abdullah, dua politisi Indonesia, Prabowo Subianto dan Jokowi juga memelihara kuda. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Prabowo menggunakan kuda peliharaannya dalam aktivitas kampanye.

5. Sapi.

hewan peliharaan politisi © 2019 brilio.net

foto: historybyzim.com

Sapi lebih dikenal sebagai hewan ternak dibandingkan hewan peliharaan. Namun tidak bagi mantan Presiden Amerika Serikat, William Howard Taft. Ia diketahui memelihara seekor sapi bernama Pauline di Gedung Putih. Sapi peliharaannya tersebut dipelihara baik untuk menyediakan kebutuhan susu untuk presiden.