Brilio.net - Arowana atau biasa disebut arwana merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak digemari para pecinta ikan hias. Selain pesona, tekstur, dan corak yang memiliki daya tarik, masih ada kepecayaan di masyarakat, memelihara arwana mendatangkan hoki alias keberuntungan.   

Tak heran jika hewan air yang kerap dijuluki “ikan naga” ini tergolong mahal untuk jenis tertentu. Wajar banyak orang yang membudidayakan arwana sebagai lahan bisnis. Nah buat kamu para pecinta ikan hias, Iseereds sebagai pembudidaya ikan asli Indonesia ini bakal menggelar Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo pada 3-7 Maret 2021 di Pacific Place Mall, Jakarta.

“Kami masuk ke dalam dunia Arowana dilatarbelakangi kekaguman melihat postur ikan air tawar ini dan nilai ekonominya. Apalagi Arowana merupakan jenis ikan purba yang populasinya hampir punah jika tidak dibudidaya dengan baik dan benar. Saat ini Arowana juga menjadi incaran para pehobi ikan dari beberapa negara Asia,” kata Edy, salah satu pendiri Iseereds, dalam keterangan resminya, Minggu (21/2/2021).

Kegiatan ini merupakan kompetisi ikan Arowana yang untuk pertama kalinya diadakan di mal mewah, sekaligus menjadi event perdana untuk Iseereds sebagai breeder Arwana sepanjang 4 tahun keberadaannya.

Kemunculan Iseereds terbilang luar biasa dalam rentang waktu relatif singkat. Dimulai dari hobi memelihara ikan Arowana jenis Super Red, yang kemudian diseriusi mencari bibit ikan jenis ini langsung ke sumbernya, hingga akhirnya mendapat pengalaman memenangkan berbagai kontes Arowana bergengsi di dalam negeri.

Loading...

Nah seperti apa pameran dan kompetisi arwana yang bakal digelar di pusat perbelanjaan mewah di Jakarta ini? Berikut faktanya.  

1. Fokus pada arowana Asia merah

5 Fakta kompetisi arwana © 2021 brilio.net

Sebagai breeder arwana, Iseereds fokus pada budidaya Arowana Asia (scleropages formosus) merah berkualitas tinggi yang merupakan ikan endemik Indonesia, dan dapat ditemukan khususnya di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Karena itu Iseereds juga memiliki pusat perkembangbiakan Arowana mandiri di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

“Memelihara Arowana dipercaya dapat penolak bala dan membawa berkah, makanya Arowana sangat diminati di Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Jepang, dan tentunya Indonesia. Sehingga kami rasa ikan ini berpotensi menjadi devisa non migas yang menjanjikan, apalagi ekspor ikan hias saat ini juga menjadi salah satu perhatian Pemerintah untuk menyumbangkan devisa negara,” sebut Edy yang menjalankan galeri Arowana-nya di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

2. Cocok buat investasi nih

5 Fakta kompetisi arwana © 2021 brilio.net

Tidak seperti ikan hias dan ikan konsumsi lain, Arowana memiliki nilai investasi yang baik karena harganya cukup stabil dan tidak mudah anjlok. Apalagi dengan umur hidupnya yang cukup panjang mencapai rata-rata 35-40 tahun, memberi kesan jika ikan ini abadi. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan Iseereds serius menggarap bisnis Arowana.

3. Pas buat menyalurkan hobi di masa pandemi

5 Fakta kompetisi arwana © 2021 brilio.net

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, minat masyarakat terhadap ikan Arowana semakin meningkat, khususnya untuk menyalurkan hobi. Situasi yang mengharuskan kebanyakan orang untuk berdiam diri di rumah, justru membuat permintaan Arowana sebagai ikan peliharaan menjadi lebih tinggi. Tentunya hal tersebut berdampak positif terhadap geliat ekonomi para breeder, juga sektor industri yang mendukungnya, seperti penjual pakan dan penyedia perlengkapan budidaya ikan.

“Beruntung kami di masa-masa pandemi masih dapat menghasilkan keuntungan dari budidaya Arowana. Namun tentunya, Iseereds bukan sekadar breeder yang menjual Arowana saja, kami juga mengedukasi para pehobi ikan istimewa ini mulai dari mengenali karakter soal Arowana, cara perawatan, hingga budidaya yang baik dan benar. Harapannya agar Arowana lebih dikenal luas lagi sambil melestarikan populasinya,” jelas Edy.

4. Budidaya ikan kompetisi

5 Fakta kompetisi arwana © 2021 brilio.net

Sebagai spesialisasi Arowana jenis Super Red, Iseereds juga secara khusus membudidayakan ikan untuk kompetisi dengan perlakukan khusus. Untuk para pehobi Arowana, selain di Jakarta, Iseereds juga membuka galeri Arowana di Bandung dan Pontianak yang ditangani masing-masing pendirinya. Semua cabang Iseereds siap menjawab kebutuhan ikan Arowana berkualitas.

“Kami sangat fokus soal kualitas ikan yang kami budidaya dan tidak akan berhenti sampai di titik ini saja. Ke depan kami akan berusaha memenuhi keinginan pasar ikan Arowana baik untuk pasar lokal maupun luar negeri,” lanjut Edy.

5. Mendapat dukungan Ketua MPR

5 Fakta kompetisi arwana © 2021 brilio.net

Dukungan atas terselenggaranya event ini juga disuarakan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ia berharap dengan adanya Iseereds Charity and Champion League: Arowana Competition & Expo ini, budi daya Arowana semakin meningkat kualitasnya dan ikan Arowana yang merupakan salah satu ikan asli Indonesia semakin dikenal luas di luar negeri.

"Kegiatan ini sangat bagus untuk memperkenalkan dan melestarikan ikan asli Indonesia," pungkas Bambang Soesatyo.

Jadi jangan sampai terlewat ya, catat tanggalnya. 

RECOMMENDED BY EDITOR