Brilio.net - Burung adalah salah satu hewan yang diminati manusia, bahkan ada yang sengaja diburu sehingga muncul ancaman kepunahan. Nah, pernahkah kamu terbayangkan apa makanan burung? Sebatas biji-bijian, madu, atau bahan makan dari daging hewan lain?

Nah, sebagaimana dilansir brilio.net dari laman Bird Wather's Digest berikut 10 jenis makanan burung perlu kamu tahu. Siapa tahu pas kamu punya sehingga bisa diberikan ke burung peliharaan atau burung liar.

1. Bangkai.

foto: nature.gardenweb.com

Ada burung yang sukanya bangkai hewan lain. Misalnya burung elang merah yang doyan makan bangkai kelinci yang tertabrak motor. Elang ini memakan bagian daging dan lemak.

2. Daging.

foto: residualsoup.org

Beda dengan daging bangkai, daging ini mengarah ke daging yang dijual di pasaran, yang bisa jadi juga dikonsumsi manusia.

3. Selai anggur.

foto: localkitchenblog.com

Bukan cuma kamu yang suka selai anggur, burung jenis burung pelatuk, burung kepodang, tanagers, dan lainnya juga mau. Kandungan gula dalam selai membuat burung lebih berenergi. Tapi kalau kamu mau kasih burung berupa makanan ini, jangan berlebihan. Zat pewarnanya juga nggak baik buat burung. Kamu juga jaga-jaga aja, guys, kalau lama-lama burungmu minta makan selai kacang dan roti! Ups!

4. Kacang-kacangan.

foto: personaltrainingwinchester.com

Kalau kamu punya stok camilan kacang-kacangan, boleh banget kamu berikan burung-burung peliharaanmu maupun burung yang terbang bebas di pekarangan rumahmu.

Kalau camilan kacang terlalu asin, dan itu nggak bagus buat burung, cobalah untuk menghilangkan rasa asin dengan menaruh kacang di dalam kantong kertas kemudian goyang-goyangkan.

Lantas, berikan camilan kacang itu pada burung. Burung yang doyang kacang itu seperti jenis burung pelatuk, chickadees, dan nuthatch.

Lima lagi makanan burungnya apa ya? KLIK NEXT!

2 dari 2 halaman


5. Cangkang telur.

foto: gbtimes.com

Burung membutuhkan kalsium dalam jumlah besar saat sebelum dan setelah bertelur. Nah, kamu bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya ini dengan sengaja memberikan makanan berupa remah-remah kulit telur. Taruh saja di sekitar burung tersebut bersarang. Namun begitu, kamu harus mensterilkan kulit telur sebelum. Caranya adalah merendamnya dahulu dengan air mendidih.

6. Remah-remah bahan material.

foto: rumahpasir.com

Pernah kamu melihat burung, misalnya burung pipit, kutilang, dan merpati, mematuk-matuk batu bata pondasi rumah? Nah, jenis burung ini memang memakan remah-remah bahan material bangunan, lho. Misalnya saja batu-batu kecil dan pasir. Remah-remah ini ternyata bermanfaat mempercepat pengolahan makanan di dalam rempela burung.

7. Buah beri.

foto: drfranklipman.com

Jenis buah beri, baik itu blueberry, raspberry, ceri, dan buah-buah sejenisnya amat digemari burung, terutama ketika pasokan makanan di alam liar habis. Hal ini biasanya berlaku di luar negeri ketika musim dingin, di mana buah-buah habis. Tapi tak jarang pula burung-burung di daerah tropis juga melakukan hal yang sama terhadap buah-buah kebunmu, betul?

8. Biji melon atau labu.

foto: yesilist.com


Kalau kamu suka makan melon atau labu, jangan buang begitu saja biji-bijinya. Kamu bisa mengeringkannya di oven dan menaburkannya di pekarang rumah guna dimakan burung-burung liar. Kamu juga bisa memberikannya ke burung peliharaanmu, kok.

9. Pasta.

foto: originalpizzacucina.com

Bukan cuma kamu yang suka pasta, burung pun suka makanan lezat satu ini. Tapi kamu perlu mengubahnya dulu menjadi kompos. Tentu saja pasta ini dari sisa pasta menu makan yang sudah nggak kamu makan. Kan, pasti kamu nggak tega kalau baru masak langsung dikasih ke burung.

10. Ulat larva.

foto: mealwormsbythepound.com

Kamu pasti nggak asing dengan makanan burung satu ini. Pakan ulat larva atau di sini sering disebut ulat Hong Kong ini seperti makanan lumrah dan wajib burung, apalagi burung peliharaan. Ulat larva ini juga sengaja diperjual-belikan untuk pakan, lho.