Brilio.net - Siapa yang tidak gemas melihat hewan yang lucu. Seperti Sugar glider, salah satu hewan yang sangat imut, menggemaskan, lucu, dan pintar. Di antara kamu pasti bertanya-tanya apa sih hewan sugar glider? Sebagai informasi sugar glider masuk ke dalam keluarga mamalia seperti kanguru dan koala. Jadi bukan hewan pengerat.

Nah, berikut ini adalah fakta-fakta tentang sugar glider yang tak kamu tahu, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (29/2).

1. Sugar glider memiliki bentuk fisik mirip tupai. Sugar glider betina punya kantung di perut seperti kanguru yang berguna untuk menyimpan anaknya.

foto: workman.com

2. Ketika musim panas, mereka memakan serangga. Ketika musim dingin datang, mereka menghisap getah pohon dan embun madu. Kadang, mereka juga makan kadal, biji-bijian, telur burung, jamur, dan buah-buahan.

foto: bowmanvilleveterinaryclinic.com

3. Mereka punya lima jari dengan cakar di setiap jarinya, kecuali bagian jempol kaki belakang. Dua jari tengah (jari pertama dan ketiga) menyatu sehingga berbentuk seperti sisir.

foto: pandawhale.com

4. Binatang ini disebut juga hewan saku, karena bentuknya yang kecil sehingga bisa dibawa ke mana saja.

foto: cutestpaw.com

5. Aktif di malam hari, mereka punya mata yang lebar untuk melihat dalam kegelapan. Telinganya juga akan berputar untuk menemukan lokasi mangsa di kegelapan.

foto: cruxnow.com

KLIK NEXT UNTUK FOTO-FOTO SUGAR GLIDER YANG LEBIH LUCU LAGI

2 dari 2 halaman


6. Kelompok ini akan mempertahankan sarang atau daerahnya, termasuk aktivitas sosial grooming atau merawat satu sama lain untuk meningkatkan kesehatan dan sebagai identitas kelompok.

foto: annarbor.com

7. Ukuran badan hanya 170 mm dengan panjang ekor hanya 190 mm. Berat sugar glinder jantan hanya 140 gram dan betina hanya 115 gram.

foto: minecraftpocketedition.wikia.com

8. Binatang lucu ini bisa bertahan hidup di alam liar selama 9–12 tahun. Tapi, kalau di penangkaran, mereka bisa hidup lebih lama.

foto: cincinnatizoo.org

9. Mereka bisa terbang meluncur dengan jarak 50 meter atau lebih, karena memiliki membran patagia yang membentang diantara kaki depan dan belakang.

foto: bethanngreenberg.com

10. Sugar glider termasuk hewan berkelompok dengan jumlah di atas tujuh ekor.

foto: urduplanet.com