9 Urutan skincare remaja saat malam hari, mudah dan nggak ribet

9 Urutan skincare remaja saat malam hari, mudah dan nggak ribet

Brilio.net - Penggunaan urutan skincare remaja harus dilakukan dengan benar agar mendapat hasil yang maksimal. Menginjak usia remaja, pastinya banyak dari mereka yang sudah mulai memperhatikan penampilan, mulai dari outfit hingga wajah.

Tak semua remaja memiliki kulit wajah yang mulus. Ada saja masalah kulit yang mereka hadapi seperti kulit kering, kusam, berjerawat berminyak, hingga komedo.

Dilansir dari everydayhealth.com, menjaga kesehatan kulit harus dimulai dari usia muda agar kulit lebih sehat dan terhindar dari masalah kulit. Hal itu pun disampaikan oleh Dokter Kulit asal Los Angeles, dr Jessica Wu.

Masalah kulit remaja itu biasanya disebabkan oleh hormon yang memperbesar kelenjar minyak sehingga pori-pori membesar. Pori-pori yang besar membuat banyak kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat, jelas Wu.

Menurutnya, meskipun kamu dan teman kamu mengalami pubertas yang sama, namun permasalahan kulit yang dihadapi pastinya berbeda.

Urutan skincare remaja yang digunakan tak berbeda jauh dengan dewasa. Yang berbeda hanya produknya saja yang disesuaikan dengan jenis kulit remaja yang lebih sensitif. Selain itu, urutannya juga ada pagi dan malam hari.

Lantas apa saja yah urutan skincare remaja pada malam hari? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/2).

1. Makeup remover

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/drobotdean

Urutan skincare remaja saat malam hari biasa dimulai dari makeup remover. Makeup remover ini selain untuk membersihkan wajah dari makeup yang sudah digunakan selama seharian, tapi juga untuk mengangkat kotoran dan debu. Seharian beraktivitas pastinya wajah penuh dengan debu dan kotoran. Sebaiknya langsung dibersihkan dengan menggunakan makeup remover.

Makeup remover memiliki dua jenis, ada yang berbahan dasar air ada juga yang minyak. Keduanya bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit. Misal kulit berminyak bisa pilih makeup remover berbahan dasar air, sementara pemilik kulit kering bisa menggunakan makeup remover berbasis minyak.

Cara menggunakannya cukup mudah. Tuangkan secukupnya makeup remover ke kapas, kemudian usapkan ke wajah secara lembut. Lakukan berulang kali hingga wajah benar-benar bersih.

2. Facial wash

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/wayhomestudio

Selanjutnya, kamu bisa mencuci wajah dengan sabun. Mencuci wajah ini dilakukan untuk mengangkat kotoran di wajah secara maksimal. Pemilihan facial wash ini juga bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, berjerawat, hingga sensitif.

Cara menggunakannya, tuangkan secukupnya produk facial wash ke telapak tangan. Kemudian gosok hingga berbusa, usapkan ke wajah secara merata sambil diberi sensasi pijatan agar wajah rileks. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Cleansing

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/cookie_studio

Urutan skincare remaja saat malam hari dilanjutkan dengan menggunakan cleansing. Rangkaian ini sebagai double cleansing untuk mengangkat kotoran di wajah secara menyeluruh. Biasanya cleansing ini berbentuk krim yang memiliki konsistensi lebih cair dibanding pelembap.

Cara menggunakannya cukup mudah, tuangkan secukupnya cleansing ke telapak tangan, kemudian usapkan ke wajah dan secara merata. Beri pijatan halus agar cleansing meresap kedalam pori-pori. Kemudian bersihkan dengan tisu tanpa perlu dibilas lagi.

4. Toner

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/cookie_studio

Setelah itu, kamu bisa menggunakan toner. Toner ini juga untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah. Toner biasanya mengandung bahan aktif yang bagus untuk menutrisi kulit sehingga wajah terlihat lebih segar.

Caranya tuangkan tiga sampai lima tetes toner ke telapak tangan. Kemudian usapkan ke wajah sambil ditepuk-tepuk. Lalu diamkan hingga meresap.

5. Serum

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/pmvchamara

Setelah wajah terasa kering, lanjutkan dengan menggunakan serum. Serum yang digunakan ini juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Serum ini berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit wajah. Kandungan bahan aktif dalam serum dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Cara menggunakan serum ini, tuangkan beberapa tetes di wajah kemudian usapkan secara merata hingga ke leher. Setelah itu tepuk-tepuk wajah agar serum meresap sempurna.

6. Pelembap

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/jcomp

Lanjutkan dengan penggunaan pelembap malam untuk memberi nutrisi dan memperbaiki masalah kulit lebih maksimal. Saat malam hari, wajah butuh istirahat dan nutrisi agar lebih sehat. Kamu bisa menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Caranya ambil secukupnya pelembap di wajah, kemudian oleskan ke wajah dan usap secara merata. Diamkan hingga meresap.

7. Eye cream

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/valuavitaly

Area mata memang dianggap paling sensitif sebab memiliki kulit paling tipis dibanding bagian tubuh lainnya. Permasalahan mata yang sering terjadi adalah lingkar hitam dan garis halus serta kerutan. Namun untuk remaja, masalah yang sering terjadi adalah lingkar hitam dan mata lelah. Kamu bisa menggunakan rutin eye cream untuk menghilangkan permasalahan tersebut.

Caranya, ambil secukupnya eye cream kemudian oleskan ke area bawah mata. Lakukan secara rutin setiap malam untuk hasil yang maksimal.

8. Lip serum

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Freepik/valuavitaly

Bibir jadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya masalah bibir yang dialami adalah bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan lip serum. Serum memiliki manfaat untuk membantu melembapkan wajah. Kandungan zat aktif dalam serum juga dapat memberi nutrisi pada bibir.

Caranya cukup oleskan lip serum secara merata ke bibir, setelah itu diamkan hingga meresap.

9. Lip balm

Urutan skincare remaja saat malam hari

foto: Barenbliss

Urutan skincare remaja pada malam hari ditutup dengan penggunaan lip balm. Lip balm ini sebagai pelembap bibir yang membantu melembapkan bibir. Salah satu produk lip balm yang bisa kamu gunakan adalah Butter Rush Vitamin Lip Mask Barenbliss.

Produk ini mengandung 4 material utama, seperti lima precious oil yang kaya akan asam lemak bernutrisi dan antioksidan untuk bibir cerah dan lembut. Kandungan AQP Free, yang menjadikannya pelembap jangka panjang untuk bibir halus bernutrisi. Terdiri dari lima tanaman yang secara khusus diformulasikan untuk membantu memperkuat skin barrier kulit untuk bibir sehat dan kenyal.

Cara pemakaiannya, sebelum tidur oleskan produk secukupnya pada bibir untuk memberikan kelembapan yang melimpah pada bibir semalaman. Keesokan paginya, lap bibir dengan tisu atau kapas dan rasakan bibir kenyal dan lembut.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES