1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
20 April 2021 23:01

Keutamaan membaca surat Al Qadr selama bulan Ramadhan

Surat Al Qadr menjelaskan keistimewaan malam Lailatul Qadar. Tita Meydhalifah
foto: pexels.com

Brilio.net - Selama bulan Ramadhan perlu membaca dan memahami kembali surat Al Qadr yang menjelaskan tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar. Umat muslim dianjurkan untuk menjalankan amalan di malam Lailatul Qadar, yakni pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Allah pun menjanjikan pahala dan ampunan bagi para hambanya di malam yang lebih baik daripada seribu bulan ini.

Selain keistimewaan, surat yang terdiri dari lima ayat ini juga bercerita tentang peristiwa turunnya Alquran pada malam Lailatul Qadar. Surat Al Qadr sendiri termasuk golongan Makkiyah dan merupakan surah yang ke-97 di dalam Alquran.

BACA JUGA :
7 Surat Alquran yang dianjurkan dibaca selama bulan Ramadhan


Bacaan surat Al Qadr yang pendek ini tidaklah sulit dihafalkan dan baik dibaca ketika sholat fardu, setelah membaca surat Al Fatihah. Dengan membaca surat Al Qadr, dapat lebih mengenal malam Lailatul Qadr yang penuh berkah dan ampunan. Berikut bunyi Surat Al Qadr beserta artinya:

Artinya:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

BACA JUGA :
Keutamaan membaca surat Al Fatihah, penuh keistimewaan

Artinya:

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

Artinya:

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

Artinya:

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

Artinya:

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

foto: pexels.com

Kata "Al Qadr" memiliki makna yang sangat luas. Menurut Ibnu Mukarram, Al Qadr dapat dipahami sebagai keputusan yang ditetapkan oleh Allah terhadap segala perkara.

Al Qadr pun juga memiliki arti membatasi, menentukan, mengagumkan, menguasai, mengukur, dan sebagainya. Sedangkan dalam surat Al Qadr sendiri, kata "Qadr" memiliki makna "kemuliaan" karena surat ini menggambarkan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini terdapat pada ayat empat yang memiliki arti, "Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan."

Berdasarkan ayat keempat, dapat diketahui bahwa Allah menurunkan para malaikat untuk mengamini doa dari orang-orang yang menjalankan amalan dan ibadah pada malam tersebut.

Allah juga akan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Segala amalan baik yang dilakukan di malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berlipat ganda.

Amalan yang bisa dilakukan pada malam Lailatul Qadar pun beragam, mulai dari membaca surat Al Qadar, menunaikan sholat, membaca Alquran, berzikir, dan melakukan amalan lainnya.

Selain menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar, surat Al Qadr juga dapat dibaca supaya Allah mempermudah jalan rezeki hamba-Nya. Supaya Allah membukakan pintu rezeki dan memudahkannya dapat melakukan usaha (ikhtiar), serta dibantu dengan membaca surat Al Qadr sebanyak-banyaknya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags