1. Home
  2. »
  3. Wow!
1 Mei 2022 23:22

Doa mandi hari raya Idul Fitri beserta niat dan tata caranya lengkap

Amalan ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas maupun najis agar bersih saat melakukan sholat Idul Fitri di hadapan Allah. Kharisma Alfi Tiara
foto: freepik.com

Brilio.net - Bagi umat Islam, hari raya Idul fitri menjadi sebuah puncak dari serangkaian ibadahpada bulan suci Ramadhan. Setelah berpuasa satu bulan lamanya, umat Islam berhak merayakan hari kemenangan tersebut dengan suka cita.

Idul Fitri diartikan sebagai hari suci dimana umat Islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Selain itu, pada hari Idul Fitri seluruh umatIslam juga melaksanakan sholat Idul Fitri atau biasa disebut sholat ied.

BACA JUGA :
Doa takbiran Idul Fitri singkat dan panjang, lengkap dengan hukumnya


Pagi hari ketika hendak melaksanakan sholat Idul Fitri, terdapat satu amalan yang disunnahkan yaitu melakukan mandi. Amalan ini bertujuan untuk mensucikan diri, membersihkan diri dari hadas maupun najis agar bersih saat melakukan sholat Idul Fitri di hadapan Allah.

Rasulullah pernah mencontohkan dalam perbuatannya. Bahkan kebiasaan ini juga dilakukan para sahabat seperti Ali bin Abu Thalib dan Abdullah bin Umar, yang selalu mandi sebelum berangkat sholat Idul Fitri. Hal ini diutarakan Ibnu Abbas RA yang menyatakan, Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha (HR. Ibnu Hibban).

Namun, yang membedakan, terdapat tata cara dan niat yang perlu dibacakan saat mandi Idul Fitri. Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa mandi hari raya Idul Fitri beserta niat dan tata caranya lengkap, Minggu (1/5).

BACA JUGA :
4 Makna hari raya Idul Fitri, limpahan rahmat bagi umat muslim

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags