1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
24 Maret 2022 00:26

Budaya adalah adat istiadat, ini pengertian, ciri-ciri, dan unsurnya

Budaya menciptakan adat istiadat, kemudian diterapkan oleh masyarakat, dan dipatuhi meskipun nggak ada hukum yang tertulis mengenai penerapannya. Kharisma Alfi Tiara
foto hl: freepik.com

Brilio.net - Pada hakikatnya budaya sudah melekat dari turun temurun dan hadir dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kamu sudah paham bahwa Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang tersebar di setiap wilayah.

Istilah budaya berasal dari dua bahasa yaitu bahasa Sansekerta dan Inggris. Menurut bahasa Sansekerta kata budaya berarti buddhayah yang artinya bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Sedangkan arti budaya dalam bahasa Inggris dikenal culture yang berasal dari kata colere, memiliki arti mengolah atau mengerjakan.

BACA JUGA :
Negosiasi adalah proses tawar menawar, ketahui penjelasan lengkapnya


Budaya merupakan suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat, kemudian diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Budaya menciptakan adat istiadat, kemudian diterapkan oleh masyarakat, dan dipatuhi meskipun nggak ada hukum yang tertulis mengenai penerapannya.

Sebagai warga negara yang lahir dan hidup dengan keanekaragaman budaya, patutnya kamu perlu mengetahui pengertian, ciri-ciri, serta unsur dari budaya. Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (24/3).


1. Pengertian Budaya.

BACA JUGA :
Etnosentrisme adalah: Ini pengertian, penyebab, dan dampaknya

foto: freepik.com

Budaya memiliki pengertian yang berbeda tergantung sudut pandang. Berikut pengertian budaya menurut para ahli dalam buku berjudul "Manajemen Lintas Budaya" yang ditulis oleh Faridi Ahmad, dkk, berikut pengertian budaya.

a. Tylor (1874).

Mengartikan budaya sebagai keseluruhan komples yang meliputi pengetahuan, keyakinan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan serta kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

b. Koentjaraningrat.

Mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

c. R. Linton.

Mengartikan kebudayaan dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan hasil tingkah laku yang dipelajari, di mana unsur pembentuknya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.


2. Ciri-ciri budaya.

foto: freepik.com

Ciri-ciri budaya atau kebudayaan dapat dikualifikasikan sebagai berikut.

a. Budaya merupakan warisan, maka dari itu budaya harus dipelajari dan diketahui oleh generasi penerus agar tetap lestari dan dikenal dunia.

b. Budaya merupakan simbol, simbol ini yang kemudian dapat digunakan untuk menyebutkan dan menjelaskan suatu daerah atau mungkin suatu kelompok masyarakat.

c. Budaya memiliki sifat yang dinamis, meskipun budaya nggak mudah berubah oleh zaman, namun budaya bisa berubah seiring perubahannya zaman.

d. Budaya memiliki sifat etnosentrik, sehingga setiap kelompok masyarakat yang memiliki sebuah budaya akan menganggapnya sebagai budaya yang terbaik diantara budaya lainnya.

e. Budaya memiliki pola selektif yang hanya diterapkan dan diwariskan kepada kelompok masyarakat tertentu di sebuah daerah atau wilayah.

f. Budaya bersifat adaptif, kebudayaan tak hanya melanjutkan apa yang menjadi kebiasaan suatu komunitas tertentu, tetapi budaya juga memiliki sebuah kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai situasi.


3. Unsur Budaya.

foto: freepik.com

Budaya memiliki unsur tersendiri, berikut di antaranya.

a. Unsur Bahasa.

Bahasa adalah sebuah pengucapan yang indah pada suatu elemen budaya atau kebudayaan, bahasa mampu menjadi alat perantara utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan lewat lisan atau tulisan.

b. Sistem Religi.

Sistem religi atau juga dikenal dengan kepercayaan merupakan salah satu hal yang menyangkut hubungan dengan keyakinan. Unsur religi menjadi unsur budaya yang paling penting dalam sebuah kehidupan.

c. Sistem Pengetahuan.

Sistem pengetahuan dibagi berdasarkan pokok perhatiannya, sehingga tiap suku bangsa mempunyai pengetahuan tentang alam sekitarnya, flora dan fauna di tempat tinggalnya, tubuh manusa, sifat dan tingkah laku, serta ruang dan waktu.

d. Sistem Peralatan hidup dan teknologi.

Sistem peralatan hidup disebut sebagai teknologi atau cara memproduksi, memakai, dan memelihara segala peralatan hidup suku bangsa, seperti halnya senjata, wadah, alat transportasi, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung, makanan, minuman dan obat-obatan.

e. Kesenian.

Kesenian bisa diartikan sebagai hasrat manusia terhadap keindahan. Bentuk keindahan dari budaya beraneka ragam, biasanya timbul dari imajinasi yang dapat memberi kepuasan batin bagi manusia. Kesenian dibagi menjadi tiga, seperti halnya seni rupa, seni musik, dan seni tari.

f. Sistem Mata Pencaharian.

Sistem mata pencaharian merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem mata pencaharian ini meliputi, bercocok tanam, peternakan, perikanan, dan perdagangan.

g. Sistem Kemasyarakatan.

Sistem kemasyarakatan adalah sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Hal ini tentu didukung unsur pewarisan budaya yang sangat penting dalam struktur sosial. Unsur ini juga yang akan menghitung garis keturunan dan hubungan perkawinan serta hubungan darah.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags