1. Home
  2. »
  3. Wow!
5 Juli 2022 20:45

Arti syahadat lengkap beserta makna dan keutamaannya

Kalimat syahadat menjadi bacaan zikir yang paling utama di mata Allah SWT. Kharisma Alfi Tiara
foto: freepik.com

Brilio.net - Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat diartikan sebagai persaksian mengakui adanya Allah dan Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah. Bagi orang yang beragama Islam diwajibkan menghafal dua kalimat syahadat.

Ketika mengucap dua kalimat syahadat alangkah baiknya, kamu harus mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Sebab, syahadat bukan hanya diucapkan, menghafalkan, membacanya saja. Akan tetapi harus dihayati maknanya, diyakini dalam hati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA :
Bacaan kalimat syahadat Arab & latin, lengkap makna dan keutamaannya


Maksud dari dihayati, diyakini, dan diamalkan adalah, dihayati maknanya bahwa kamu mengetahui arti yang terkandung dalam syahadat. Diyakini dalam hati, artinya mengakui kebenaran bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dan diamalkan dalam perbuatan, artinya kamu melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya serta menjauhi segala larangan Allah dan Rasul-Nya.

Tak hanya itu, dua kalimat syahadat ini adalah kunci bagi seorang muslim masuk ke dalam alam keselamatan (Islam) dan dengan dua kalimat syahadat itu menjadi bekal manusia dimasukkan ke dalam surga.

Lebih lanjut, berikut arti syahadat lengkap beserta makna dan keutamaannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (5/7).

BACA JUGA :
Rukun syahadat, bahasa Arab beserta maknanya

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags