1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
9 Juli 2022 09:02

Arti hasbunallah wanikmal wakil lengkap beserta keutamaannya

Kalimat berdzikir untuk menyebut nama keagungan Allah sangatlah banyak, salah satunya hasbunallah wanikmal wakil. Kharisma Alfi Tiara
foto: freepik.com

Brilio.net - Kaum muslimin pastinya sudah sering mendengar anjuran untuk berdzikir, bahkan sudah diajarkan semenjak kecil supaya dapat selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dzikir menjadi salah satu amalan yang dapat memperkuat keimanan muslim, dapat membuat hati tenang, dan doanya mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalam Islam, kalimat berdzikir untuk menyebut nama keagungan Allah sangatlah banyak, salah satunya hasbunallah wanikmal wakil, kalimat dzikir ini artinya termasuk dalam kalimat pujian serta doa yang ditujukan hanya pada Allah. Bahkan, kalimat berdzikir ini bisa diucapkan kapan saja sebagai pengingat kebesaran Allah.

BACA JUGA :
Arti barakallah fii umrik beserta cara menjawab dan hukumnya


Lafal dzikir ini merupakan potongan dari ayat dalam Alquran. Dzikir hasbunallah wanimal wakil merupakan potongan dalam surat Ali Imran ayat 173. Nah, untuk lebih jelasnya dalam memahami arti hasbunallah wanikmal wakil serta keutamaannya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (8/9).

Arti hasbunallah wanikmal wakil.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Cara membayar fidyah dengan uang, lengkap dengan hukumnya dalam Islam

Kalimat "hasbunallah wanikmal wakil" memiliki arti, yaitu cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami. Bacaan ini dianjurkan bagi umat muslim saat berdzikir. Selain untuk meminta pertolongan, bacaan ini bisa jadi pengingat untuk terus bertawakal dan berserah diri kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, Ibn 'Abbas berkata: Ketika (Nabi) Ibrahim AS, dilemparkan ke dalam api, dia berkata: "Cukuplah Allah (saja) bagi kami, dan Dialah sebaik-baik Pemelihara urusan." Begitu juga Rasulullah, Muhammad SAW, ketika dia diberitahu: "Pasukan besar orang-orang kafir telah berkumpul melawan dia, jadi takutlah mereka". Tetapi (peringatan) ini hanya meningkatkan dia dan kaum Muslimin dalam Iman dan mereka berkata: "Cukuplah Allah (Sendiri) bagi kami, dan Dia adalah Pemelihara Terbaik (bagi kami)" (Al-Bukhari).

Dengan membaca kalimat hasbunallah wanikmak wakil, seorang umat muslim akan menempatkan semua rasa kepercayaannya kepada Allah di masa-masa sulit, serta dapat memahami kekuatan, kekuasaan, dan kecerdasanNya. selain itu, kalimat dzikir ini membuat seorang muslim selalu menyerahkan diri pada kehendk Allah dan menyerahkan segala urusannya kepadaNya. Hasbunallah wanikmal wakil akan memberikan seseorang kekuatan yang besar untuk selalu mengatasi apa pun yang dihadapi.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags