1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
6 Desember 2018 22:32

6 Spot menarik yang memanjakan mata pelintas di jalur Trans Papua

Proyek jalan Trans Papua mencapai sepanjang 4.100 km. Brilio.net
foto: liputan6.com

Brilio.net - Sejak BJ Habibie menjabat sebagai presiden ketiga negara Indonesia, ide untuk membangunan jalur Trans Papua sudah tercetus dan berhasil dilaksanakan. Setelah melalui proses pembangunan selama bertahun-tahun, akhirnya berhasil dilanjutkan di era Presiden Joko Widodo. Jalur yang rencananya akan rampung pada tahun 2019 mendatang ini sudah dalam tahap setengah jadi.

Bahkan proses yang dilalui para pekerja pembangun jalur tersebut tidaklah mudah. Pasalnya sejak tahun 2016 lalu, para pekerja sering mendapat teror pembunuhan dari sebuah kelompok kriminal bersenjata yang mencoba untuk menggagalkan proyek pemerintah itu. Bahkan hingga tahun ini terdapat kurang lebih empat kasus teror terhadap pekerja jalur Trans Papua, hingga merenggut nyawa mereka.

BACA JUGA :
3 Tempat wisata di balik zona merah Nduga, taman surga di Papua


Meski begitu, orang-orang yang terlibat dalam penganunan jalur Trans Papua patut diacungi jempol. Berkat kerja keras mereka, sebagian jalur sepanjang kurang lebih 4.100 kilometer. Setelah adanya pembangunan itu, beberapa wilayah di Papua sudah bisa diakses melalui jalur darat.

Tak hanya wilayahnya saja lho yang lebih mudah diakses, namun ada jika kalian melewati di beberapa jalur yang sudah jadi akan menemukan spot menarik. Ini dia beberapa potret tempatnya yang telah brilio.net rangkum, Kamis (6/12) spesial untuk mengobati rasa penasaran kalian.

1. Manokwari Selatan.

BACA JUGA :
6 Fakta zona merah Nduga, tempat penembakan pekerja Trans Papua

foto: Youtube/Raja Drone ID

Keindahan alam tersebut dapat kalian jumpai bila kalian sedang berada di Papua. Tepatnya di ruas kota Manokwari-Sorong di distrik Kebar Tambrauw.

2. Pemandangan di ruas Manokwari-Ransik-Bintuni.

foto: Youtube/Raja Drone ID

Meski jalannya terlihat berkelok-kelok, dan berada di atas bukit. Namun dari ketinggian oran-orang yang melewati jalur tersebut akan melihat keindahan alam di sekarnya, seperti laut dan pepohonan yang rindang.

3. Keindahan alam di Ruas Kota Sorong menuju Manokwari.

foto: Youtube/Raja Drone ID

Jalan yang menghubungkan kota Sorong dan Manokwari ini juga tak kalah indah dengan pemandangan yang ada di jalur lainnya. Di kana kiri jalan, diapit oleh bukit yang masih banyak pohon.

4. Jalur yang dibangun di atas Gunung Petik Bintang Aifat.

foto: Youtube/Raja Drone ID

Ketika melintasi jalur Trans Papua di atas gunung Petik Bintang Aifat, orang-orang di sana akan merasa sedang berada di negeri awan. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang hanya ada awan di sana.

5. Jalur di Gunung Botak Ransiki, Manokwari-Bituni.

foto: Youtube/Raja Drone ID

Masih di Manokwari, jalur Trans Papua yang dibangun di Gunung Botak Ransiki ini memiliki keindahaan alam yang patut diacungi jempol. Bila wisatawan atau warga lokal melewati jalur itu pasti akan berdecak kagum. Karena sepanjang jalan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan laut dan bukit yang berwarna hijau segar.

6. Melewati lembah dan perkampungan.

foto: Youtube/Raja Drone ID

Jalur yang menghubungkan kota Wamena dengan Tolikara, orang-orang yang melewati kawasan tersebut akan disuguhi pemandangan perkampungan dan lembah.

mgg/vaulika rinjani

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags