1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
25 Januari 2019 11:25

10 Potret lawas tempat wisata di Indonesia, bikin nostalgia

Perbandingan fotonya dijamin bikin pangling. Muhammad Bimo Aprilianto

Brilio.net - Pada era pemerintahan Jokowi, pembangunan sangat gencar dilakukan. Presiden bersama pemerintah pusat dan daerah saling membahu untuk segala macam akses yang memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas. Dari pembangunan yang awalnya tidak ditujukan untuk menjadi tempat wisata, tak disangka malah memunculkan spot wisata baru bagi masyarakat.

Setiap daerah di Indonesia memiliki paling tidak satu ikon atau landmark yang jadi tempat wisata. Di balik ikon tersebut, biasanya terselip cerita unik. Tak jarang tempat tersebut dikenal sebagai tempat bersejarah yang juga masuk dalam cerita rakyat.

Nah, tempat wisata yang sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun ini tentu wajahnya ikut berubah seiring zaman berganti. Tak cuma bangunan ikonik tersebut, potret daerah sekitarnya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan sekarang. Jika kamu lihat perbandingannya, dijamin bakalan pangling deh.

Berikut ini deretan potret lawas tempat wisata di Indonesia, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Jumat (25/1).

1. Dulu pada bagian tengah Jembatan Ampera, Palembang terdapat pemberat yang bisa mengangkat jalan. Jalan ini diangkat untuk memberikan ruang kepada kapal yang lewat.

BACA JUGA :
8 Postingan seleb tentang selamat hari ibu, unggah foto lawas


foto: mubawisata.wordpress & wikipedia.org


2. Lawang Sewu, Semarang tempo dulu digunakan sebagai markas PT KAI yang pada sebelumnya juga digunakan sebagai kantor NIS pada zaman Belanda. Pada foto di atas terlihat masih ada kereta api yang lalu-lalang di depan bangunan bersejarah.

BACA JUGA :
20 Foto klasik disulap menjadi superhero ini kreatif abis

foto: wikipedia.org & heritage.kai.id



3. Malioboro, Yogyakarta pada tahun 1931 belum seramai sekarang. Dulu juga masih diberlakukan jalan dua arah.

foto: Instagram/@jogjajamanold



4. Saat pertama kali ditemukan, stupa-stupa Candi Borobudur, Magelang ini terlihat hancur. Butuh sekitar 50 tahun untuk merapikan seluruh bagian candi hingga terlihat seperti sekarang.

foto: sejarah-negara.com & wikipedia.org



5. Dulu orang-orang memanfaatkan transportasi andong untuk menuju ke tempat wisata Jam Gadang, Bukittinggi zaman old.

foto: wikipedia.org



6. Seorang pria bertopi terlihat berpose di depan Kawah Sikidang, Dieng. Terlihat belum ada bambu penghalang di bibir kawah tersebut.

foto: wisatadieng.net



7. Pada foto ini terlihat sangat jelas transformasi Monumen Nasional alias Monas yang ada di Jakarta. Monas sebagai simbol perjuangan bangsa ini sudah jadi destinasi wisata sejak zaman dulu.

foto: Instagram/@jakartadulukala



8. Nggak cuma Malioboro, Jogja juga terkenal dengan monumen yang diberi nama Tugu Jogja. Lihat perbandingannya ketika tahun 1939 dan zaman sekarang. Beda banget, ya!

foto: Instagram/@jogjajamanold



9. Perbedaan juga terlihat pada Patung Dirgantara atau biasa yang disebut Patung Pancoran. Keadaan sekeliling tempat ini benar-benar bikin pangling.

foto: Instagram/@jakartadulukala



10. Meski tak seindah sekarang, Masjid Agung yang ada di alun-alun Kota Bandung ini dulu sudah terlihat megah ya.

foto: Twitter/@arbainrambey & kemenag.go.id



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags