1. Home
  2. ยป
  3. Serius
6 Agustus 2020 15:05

Macam-macam akhlak dalam Islam lengkap dengan penjelasan dan contohnya

Perilaku manusia ini sangat diperhatikan oleh Allah dan Rasulullah Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Sebagai seorang muslim, penting untuk mengetahui bahwa akhlak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam Islam, setiap perbuatan dan tingkah laku yang dilakukan oleh manusia sudah diatur dalam Alquran dan hadits. Setiap umat Islam diwajibkan untuk melakukan perbuatan yang menghasilkan amalan sholeh, perbuatan yang disukai dan diridhoi oleh Allah.

Akhlak dalam bahasa Arab berasal dari kata khuluk yang berarti tingkah laku, perangai, atau tabiat. Secara terminologi, akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh sesuatu keinginan secara mendasar untuk melakukan suatu perbuatan.

Menurut Imam Al Ghazali, akhlak merupakan tingkah laku yang melekat pada diri seseorang yang dapat memicu perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (6/8), menurut istilah, akhlak diartikan sebagai sifat atau perangai seseorang yang telah melekat dan biasanya akan tercermin dari perilaku orang tersebut. Dalam Alquran surat Shad ayat 46, Allah berfirman:

BACA JUGA :
15 Manfaat air zamzam, air berkah yang dapat sembuhkan penyakit


Innaa akhlasnaahum bikhaalisatin zikrad-daar

Artinya:
"Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat."

Akhlak merupakan salah satu pondasi penting untuk orang-orang yang beragama. Sehingga akhlak dan budi pekerti sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang beragama dalam menjalani kehidupan di masyarakat.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags