1. Home
  2. ยป
  3. Serius
26 Desember 2018 21:31

9 Pantai cantik di Indonesia ini pernah dihantam tsunami

Salah satunya di Mentawai. Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Sabtu lalu (22/12) Indonesia kembali mengalami musibah tsunami. Bencana alam ini menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang. Banyak korban jiwa yang terkena amukan gelombang tsunami ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali meng-update data sementara dampak tsunami Selat Sunda hingga 26/12/2018 pukul 13.00 WIB, tercatat 430 orang meninggal dunia, 1.495 orang luka-luka, 159 orang hilang, dan 21.991 orang mengungsi, 924 unit rumah dan 65 kendaraan rusak baik roda dua maupun roda empat, diperkirakan korban masih bertambah.

Tsunami ini juga memakan korban jiwa sederet selebritis Tanah Air. Beberapa personel band Seventeen menjadi korban. Komedian dan presenter Aa Jimmy juga turut menjadi korban ganasnya hantaman tsunami yang terjadi di beberapa pantai Banten.

Tak hanya pantai nan indah di Banten saja yang terkena terjangan tsunami, beberapa pantai cantik di Indonesia juga pernah dihantam tsunami.

Pantai cantik mana saja yang pernah dihantam tsunami? Berikut brilio.net rangkum beberapa pantai cantik di Indonesia yang pernah dihantam tsunami, Kamis (27/12).

1. Pantai Pangandaran.

BACA JUGA :
Jenazah putri pertama Aa Jimmy ditemukan


foto: liputan6 & wisatalengkap.com

Pantai cantik yang terletak di wilayah selatan Pulau Jawa ini pernah dihantam oleh tsunami pada Juli 2006. Sebelum ombak tsunami datang, wilayah tersebut mengalami gempa dengan kekuatan mencapai 6,8 skala richter (SR). Gempa denagn kekuatan seperti itu biasanya tidak akan menimbulkan tsunami dengan ketinggian lebih dari 5 m. Namun menurut lansiran dari liputan6 setelah 15 menit gempa berhenti, Pantai Pangandaran justru dihantam tsunami dengan ketinggian hingga 21 meter. Gulungan ombak ini menyebabkan banyak rumah warga di sepanjang pantai hancur.

2. Pantai Carita.

BACA JUGA :
Melihat Berbagai Kerusakan Tsunami 22 Desember 2018

foto: Instagram/@pantai_carita

Pantai cantik ini berada di Banten. Sabtu lalu (22/12) pantai cantik ini diterjang tsunami dengan tinggi mencapai 20 meter. Ombak tsunami berhasil meluluhlantakan pantai ini. Banyak korban berjatuhan. Tsunami ini disinyalir karena dampak erupsi gunung berapi Anak Krakatau.

3. Pantai Tanjung Lesung.

foto: Instagram/@tour_tanjunglesung_and_villa

Pantai Tanjung Lesung juga mengalami kehancuran karena tsunami yang diakibatkan erupsi Anak Krakatau pada Sabtu (22/12) lalu. Tsunami di pantai ini bahkan merusak cantiknya pantai ini. Banyak korban berjatuhan, bahakn ada beberapa seleb Indonesia menjadi korban. Termasuk anggota dan kru Seventeen, Aa Jimmy beserta istrinya.

4. Pantai Teluk Lada.

foto: Instagram/@740aerialvideography

Pantai cantik ini terletak di Selat Sunda, di sisi barat daya Banten. Musibah tsunami yang melanda Selat Sunda berhasil memporak porandakan pantai ini, Sabtu (22/12) lalu. Banyak rumah hingg hotel roboh akibat terjangan gelombang tsunami ini.

5. Pantai Panimbang.

foto: Instagram/@_bwono

Banyak rumah penduduk yang roboh karena terjangan gelombang pasang yang mirip dengan tsunami yang melanda Pantai Panimbang. Gelombang pasang ini mencapai ketinggian sekitar 5 meter ini terjadi Sabtu (22/12). Masyarakat banyak yang panik dan berhamburan keluar rumah dan berlari dengan kendaraan mereka.

6. Pantai Talise.

foto: Instagram/@sultengstories & Instagram/@mydaypack

Musibah gempa yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat September 2018 lalu telah memorakporandakan hampir seluruh bagian kedua wilayah tersebut. Gempa berkekuatan 7,7 SR yang kemudian disusul tsunami ini telah memakan banyak korban dan meruntuhkan banyak rumah juga bangunan.

7. Pantai Donggala.

foto: Instagram/@rhaisasheidrina

Pantai Donggala juga termasuk pantai cantik yang pernah diterjang ombak tsunami pada September 2018 lalu. Akibat gempa dengan kekuatan mencapai 7,7 SR, setelah gempa berhenti selama 20 hingga 25 menit Pantai Donggala dihantam ombak tsunami. Akibat gempa dan tsunami ini, menimbulkan ratusan korban dan ribuan rumah rusak.

8. Pantai Lampuuk.

foto: Instagram/@muhammadjuniarsito040697

Pantai cantik ini terletak di Lhoknga, Aceh Besar. Pantai Lampuuk ini merupakan pantai cantik yang menjadi saksi bisu ganasnya hantaman gelombang tsunami yang berhasil memporak porandakan Aceh di tahun 2004. Gelombang tsunami dasyat itu tidak hanya menghantam pantai Lampuuk, namun juga menelan hingga 500 ribu korban jiwa meninggal. Sebelum tsunami datang, Aceh digoyang gempa dahsyat berkekuatan 8,9 SR.

9. Pantai Mentawai.

foto: Instagram/@cichie_wulandary

Gempa bumi yang melanda kepulauan Mentawai pada 2010 dengan kekuatan 7,5 SR mengakibatkan munculnya tsunami di lepas pantai Sumatera. Akibat hantaman tsunami ini mengakibatkan 286 orang tewas. Tidak hanya memakan korban, amukan tsunami ini juga mengakibatkan banyaknya kerusakan rumah dan ratusan orang dilaporkan hilang.



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags