Brilio.net - Polusi udara sudah menjadi masalah lingkungan hidup di hampir semua kota besar di Indonesia. Maraknya penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil menjadi salah satu penyebab makin meningkatnya persoalan polusi udara. 

BACA JUGA :
Gaya asyik Ganjar Pranowo kerja sambil gowes, ini 9 potretnya

Program kolaboratif ini mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk mengurangi emisi karbon melalui kegiatan bersepeda dengan mengayuh satu sepeda yang dilakukan 12 pesepeda secara estafet dari Banda Aceh hingga Bali, dan ke seluruh Indonesia.


BACA JUGA :
4 Gaya Dian Sastro dan Wulan Guritno gowes bareng, curi perhatian

“Kami akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai pentingnya mengurangi jejak karbon dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Maria D Dwianto, Corporate Communication Director, PT Rimba Makmur Utama.

Salah satu pesepeda pertama dari wilayah Sumatera adalah Bob Bharuna yang mengawali perjalanan dari Titik Nol Indonesia di Sabang menuju Medan yang kemudian dilanjutkan secara estafet oleh rekan pesepeda lain sampai ke Bali.

“Ini adalah pengalaman yang seru, menarik dan berbeda, sambil bersepeda kami melakukan pengukuran kualitas udara di kota-kota yang kami lewati. Kami kemudian menyebarkan informasi itu melalui media sosial, itu sangat menarik. Saya berharap gerakan ini dapat menginspirasi banyak generasi muda untuk mulai menyadari pentingnya melakukan perubahan untuk bumi,” tutup Bob.

So, mulai sekarang yuk mulai peduli kebersihan udara di kota kita dengan kegiatan sederhana seperti bersepeda dan menanam minimal satu pohon di pekarangan rumah. 

RECOMMENDED