Brilio.net - Stadion merupakan infrastruktur yang dibangun untuk sejumlah kegiatan dengan jumlah kapasitas yang besar, misalnya olahraga. Di dunia olahraga modern, stadion telah menjadi kebutuhan untuk menggelar suatu pertandingan, baik sepak bola, hingga atletik. Pembangunan stadion di berbagai negara di dunia kini tidak hanya berlomba-lomba untuk membangun stadion yang besar, namun juga berlomba untuk membangun stadion yang canggih dari sisi teknologi.

BACA JUGA :
Begini cara membedakan pemain handball atau tidak dalam sepak bola

Stadion mana saja? Biar kamu nggak ketinggalan info, brilio.net menghimpun 8 stadion di dunia yang atapnya bisa dibuka tutup, Selasa (30/4) berikut ini.

1. Johan Cruyff Arena.

BACA JUGA :
7 Transfer pesepak bola ini dibayar unik, ada yang pakai daging

foto: installatie.nl

Johan Cruyff Arena adalah stadion terbesar di Belanda yang dibuka pertama kali pada tahun 1996 lalu. Johan Cruyff Arena merupakan stadion dengan atap yang bisa dibuka atau ditutup. Namun, ketika atap dibuka, ada beberapa bagian yang tidak tersinari matahari. Hal tersebut membuat rumput di stadion ini tidak mau tumbuh dan harus mengganti rumput tersebut lebih dari 4 kali dalam satu tahun.

Stadion berkapasitas 54 ribu penonton itu menjadi kandang bagi klub Ajax Amsterdam dan juga tim nasional Belanda. Stadion yang awalnya bernama Amsterdam Arena itu pernah menjadi tuan rumah final Liga Champions tahun 1998, Piala Eropa tahun 2000, dan juga final Liga Eropa tahun 2013.

2. BC Place.

foto: bcplace.com

BC Place merupakan stadion sepak bola yang terletak di British Columbia, Kanada. Stadion canggih ini memiliki atap yang dapat dibuka dan ditutup dengan didukung oleh kabel yang saling berkait. Stadion ini pernah menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia Wanita pada tahun 2015. Stadion yang berkapasitas 55 ribu penonnton itu juga menjadi markas bagi klub Vancouver FC.

3. Stadion Nasional Singapura.

foto: wikipedia.org

Stadion Nasional Singapura merupakan stadion baru yang dibuka pada tahun 2014 lalu dengan kapasitas 55 ribu penonton. Stadion ini memiliki atap berbentuk dome terbesar di dunia yang dapat dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan. Selain kegiatan olahraga, Stadion Nasional Singapura sering menjadi tempat penyelenggaraan konser musik internasional.

4. Veltins Arena.

foto: Instagram/@veltins_arena

Veltins Arena adalah stadion sepak bola yang berada di Kota Gelsenkirchen, Jerman. Stadion ini merupakan markas klub sepak bola Liga Jerman, yakni Schalke. Stadion ini memiliki desain atap yang memungkinkan untuk dibuka dan ditutup pada bagian tengah tergantung dengan cuaca. Stadion ini pernah menjadi salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia tahun 2006 lalu.

5. Astana Arena.

foto: Instagram/@langer.hafer

Astana Arena adalah stadion sepak bola yang berada di kota Nursultan, Kazakhstan. Stadion berkapasitas 30 ribu penonton tersebut merupakan markas dari tim nasional Kazakhstan. Dibuka pada 2009, stadion ini menghabiskan anggaran hingga 185 juta dollar Amerika Serikat. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah pembukaan Olimpiade Musim Dingin Asia pada tahun 2011.

6. Stadion Millenium.

foto: walesonline.com

Stadion Millenium adalah stadion yang terletak di Kota Cardiff, Wales yang merupakan salah satu stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup terbesar di dunia. Stadion ini pernah ditunjuk sebagai tempat penyelenggara Final Liga Champions 2017 antara Juventus dan Real Madrid. Dengan kapasitas 75 ribu penonton, Stadion Millenium biasa digunakan oleh tim nasional Wales dan klub Cardiff City.

7. Stadion Pierre-Mauroy.

foto: stadiony.net

Stadion Pierre-Mauroy adalah stadion multifungsi dengan atap yang dapat dibuka tutup di Kota Lille, Prancis. Dibuka pada tahun 2012 lalu, atap Stadion Pierre-Mauroy dapat dibuka dan ditutup dalam waktu yang relatif singkat, yakni hanya 15 menit.Stadion ini menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa tahun 2016 lalu.

8. Friends Arena.

foto: Instagram/@supersarb

FriendS Arena adalah stadion yang terletak di Kota Stockholm, Ibu kota Swedia. Stadion canggih ini memiliki atap yang dapat dibuka tutup serta dinding luar stadion yang bisa menyala dalam 17 juta skema warna yang berbeda. Friends Arena pernah menggelar pertandingan final Liga Eropa tahun 2017 antara Ajax Amsterdam melawan Manchester United. Stadion milik Pemerintah Swedia tersebut menjadi markas tim nasional Swedia dan juga klub AIK Fotboll.


RECOMMENDED