1. Home
  2. ยป
  3. News
18 Agustus 2015 00:11

Inilah penampakan jubah asli Pangeran Diponegoro

Jubah dengan warna cokelat dan agak kusam itu menjadi sejarah perlawanan Diponegoro yang dikenal sebagai Perang Jawa (1825-1830). Muhammad Gufron Salim

Brilio.net - Salah satu pahlawan nasional yaitu Pangeran Diponegoro memiliki peninggalan berharga yang hingga kini masih tersimpan rapi di Museum Pengabadian Diponegoro di Kota Magelang.

Peninggalan berharga tersebut yaitu jubah kebesaran Pangeran Diponegoro yang masih tersimpan rapi di sebuah lemari penyimpanan. Jubah dengan warna cokelat dan agak kusam itu menjadi sejarah perlawanan Diponegoro yang dikenal sebagai Perang Jawa (1825-1830).

Perang Jawa merupakan perang perlawanan terhebat yang pernah dilakukan anak bangsa Indonesia hingga mampu menguras dana serta sumber daya penjajah Belanda.

Keberadaan museum ini tak lepas dari catatan sejarah , dari titik awal perlawanan Diponegoro di Tegalrejo, pertempuran demi pertempuran dilakukan secara gerilya hingga wilayah Selarong dan kemudian di sepanjang perbukitan Menoreh hingga di wilayah Karesidenan Kedu.

"Bangunan dan tempat ini masih asli peninggalan Belanda, mungkin hanya genteng saja yang diganti karena rusak," kata Gabriel Lorok (53) petugas piket museum kepada, Selasa (18/8).

BACA JUGA :
7 Pahlawan Indonesia yang terlahir sebagai gemini


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags