1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
3 Desember 2022 18:28

Taman Sidandang, destinasi wisata murah tapi menarik di Purworejo

Salah satu area yang kerap digunakan ialah tempat pemandian dan gerojokan. Brilio.net
foto: Dok/Annisa Dhea

Brilio.net - Di Kabupaten Purworejo terdapat tempat wisata yang sangat apik, bersih, sekaligus memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Wisata tersebut bernama Taman Sidandang, berlokasi di Kedungrante, Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA :
Air terjun Sekar Langit, konon tempat mandi tujuh bidadari kahyangan


foto: Dok/Annisa Dhea

Akses jalan menuju Taman Sidandang pun sudah bagus, serta bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika berangkat dari pusat Alun-Alun Purworejo, hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 menit saja.

BACA JUGA :
Menyelami sejarah maritim di Museum Bahari, ada torpedo Rusia 7 meter

foto: Dok/Annisa Dhea

Taman Sidandang diresmikan serta dibuka untuk umum pada tanggal 14 Juni 2015 lalu. Taman ini dikelola secara swadaya oleh warga Dusun Kedungrante, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing dan tempat ini memiliki area cukup luas.

foto: Dok/Annisa Dhea

Di dalamnya pun terdapat area dan fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Seperti taman buatan, grojokan dengan berbagai ketinggian, dan tempat pemandian. Tak hanya itu saja terdapat area gazebo, vila atau penginapan, kios warung dan joglo untuk pertemuan kegiatan. Potensi alam yang ditawarkan oleh Taman Sidandang pun dihadirkan secara lengkap.

foto:Dok/Annisa Dhea

Ketua Pengelola Taman Sidandang, Parno menceritakan, fasilitas di taman ini terus dilengkapi tiap tahunnya. "Jadi tahun ke tahun alhamdulillah wisata kita ini semakin bagus dengan adanya penambahan-penambahan fasilitas demi menunjang pengunjung yang ingin datang," jelasnya saat ditemui brilio.net pada Jumat (2/11).

foto: Dok/Annisa Dhea

Parno melanjutkan, tempat wisata sempat sepi ketika pandemi, namun kini telah kembali ramai dikunjungi wisatawan. "Sejak Corona itu kan kita sempet nggak buka dan nggak ada pengunjung, jadinya terbengkalai tempatnya, sekarang si udah ramai lagi ditambah sama area-area yang udah diperbaiki," lanjutnya.

foto: Dok/Annisa Dhea

Salah satu area yang kerap digunakan ialah tempat pemandian dan gerojokan. Area ini dikelilingi bebatuan dan pepohonan yang asri. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang bisa menyewa pelampung yang sudah disediakan pihak pengelola.

"Tapi harus liat cuaca terlebih dahulu, sekarang juga masih musim penghujan jadi dari kita juga sangat antisipasi kalau ada air dari atas, bahaya soalnya," jelas Parno.

foto: Dok/Annisa Dhea

Wisata ini dikelola warga sekitar dengan sedemikian rupa, sehingga menjadi tempat wisata yang sangat recommend dan cocok dikunjungi siapapun. Hal tersebut dapat menjadikan wisata Taman Sidandang sebagai primadona dan meningkatkan potensi wisata Desa Kaligono khususnya. Dengan tiket masuk Rp 5.000, pengunjung bisa menikmati keindahan dan berfoto ria di spot area yang telah disediakan.

reporter: mg/Annisa Dheaning Triprasiwi

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags