1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
11 November 2022 23:59

Rumah Pesik Kotagede, jejak akulturasi arsitektur Jawa dan Eropa

Rumah ini pernah jadi tempat menginap tokoh peraih Nobel Perdamaian Dunia. Brilio.net
foto: Dok/Annisa Dhea

Brilio.net - Tempat wisata yang satu ini cukup terkenal di Yogyakarta, tepatnya di daerah Kotagede. Wisata ini berada di gang sempit dan menjadi penghubung jalan antara perkampungan dan rumah warga.

Gang ini diberi nama Gang Soka. Gang ini biasanya ramai dilewati penduduk sekitar, khususnya pagi dan sore untuk menghindari kemacetan di jalan utama.

BACA JUGA :
Napak tilas Kotagede Ibu Kota Mataram Islam di Intro Living Museum


foto: Dok/Annisa Dhea

Tempat wisata yang berupa bangunan bersejarah ini dinamai "Rumah Pesik". Bangunan rumah mewah kuno ini memiliki arsitektur perpaduan Jawa dan Eropa. Lokasinya berada di Selatan Jalan Mondorakan, sekitar 350 meter dari Pasar Legi Kotagede.

BACA JUGA :
Mengenal Masjid Pathok Nagari Dongkelan, dulu jadi benteng pertahanan

Pemilik rumah ini dulunya bernama Rudy Pesik seorang pengusaha sukses Indonesia bidang logistik. Kemudian oleh pemiliknya Rumah Pesik dijadikan galeri seni dan penginapan.

foto: Dok/Annisa Dhea

Namun, saat ini rumah itu hanya dibuka untuk acara-acara tertentu, seperti prewedding dan pembuatan syuting. "Ini sekarang suka buat pemotretan prewedding, kalau nggak ya buat lokasi syuting juga pernah," ungkap penjaga Rumah Pesik, Seto, saat ditemui brilio.net pada Jumat (11/11).

foto: Dok/Annisa Dhea

Bangunan dari Rumah Pesik ini memiliki tembok bercat hijau terang dengan ornamen khas Jawa dan sentuhan budaya Barat sepanjang sisinya. Di tembok depan juga terdapat plakat berisi informasi bahwa tokoh dunia pernah menginap di rumah ini.

foto: Dok/Annisa Dhea

"Dulu di tahun 2010, disini juga pernah buat nginap mantan politikus dari Polandia Lech Walesa," lanjut Seno.

foto: Dok/Annisa Dhea

Di bagian barat ada pula bangunan berdinding putih dengan arsitektur kuno. Terlihat dari ornamen dan bahan pintunya yang dari kayu.

Reporter: mg/Annisa Dheaning Triprasiwi

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags