1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
14 Oktober 2022 22:30

Langgar Dhuwur Boharen, salah satu musala tertua yang masih eksis

Langgar Dhuwur Boharen jadi salah satu warisan budaya dan cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah. Brilio.net
foto: brilio.net/Ricka Milla Suatin

Brilio.net - Pernahkah kamu berpikir, seperti apakah tempat beribadah umat muslim zaman dahulu? Apakah bangunannya sama seperti masjid zaman sekarang?

Nyatanya, ada masjid yang bangunannya masih eksis sampai sekarang. Adalah Langgar Dhuwur Boharen, salah satu musala tertua yang telah berusia ratusan abad. Musala ini terletak di Kotagede, Yogyakarta.

BACA JUGA :
Masjid tertua berumur 4 abad ini dulunya dikelola dua keraton


Pada abad ke-19, penduduk yang beragama Islam semakin banyak di Kotagede, Yogyakarta. Begitu juga dengan semangat beragama Islam. Pada dasarnya, saat itu masyarakat Kotagede membutuhkan ruang yang lebih privasi untuk beribadah, maka dari itu mereka membangun sebuah langgar di bagian rumah mereka. Salah satu contohnya adalah Langgar Dhuwur yang berada di kampung Boharen.

Langgar Dhuwur Boharen adalah musala yang bisa mewakili bagaimana masyarakat pemeluk Islam terutama daerah Kotagede menjalankan ibadahnya sehari-hari saat zaman dulu. Langgar Dhuwur Boharen merupakan kepemilikan pribadi keluarga KH Ahmad Charris Zubair yang merupakan generasi keempat pemilik rumah.

BACA JUGA :
Jatuh bangun perintis industri perak Kotagede Jogja agar tetap eksis

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags