1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
17 Desember 2022 10:11

Kue clorot, makanan khas Purworejo yang tak lekang oleh zaman

Clorot ini makanan sejenis jenang yang terbuat dari tepung beras. Brilio.net

Brilio.net - Purworejo merupakan sebuah kabupaten yang letaknya di sebelah barat Kabupaten Kulonprogo. Tak hanya kaya akan tempat wisatanya, namun Purworejo memiliki beragam makanan khas yang cukup unik. Salah satunya adalah kue clorot.

BACA JUGA :
Taman Sidandang, destinasi wisata murah tapi menarik di Purworejo


foto: Dok/Annisa Dhea

Clorot ini makanan sejenis jenang yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula merah, santan kelapa, sedikit, garam serta daun pandan sebagai wangi aromanya.

Cara untuk membuatnya pun sangat mudah, dengan mencampur semua bahan dan beri santan kelapa sambil diaduk hingga rata selama 30 menit. Setelah adonan tersebut menjadi kental, siapkan wadah yang berupa janur kuning atau daun kelapa. Dengan cara masukkan ke dalam janur yang di ulin sedemikian rupa hingga menyerupai terompet kecil atau bentuk corong.

BACA JUGA :
Asal usul Bedug Pendowo, bedug terbesar di dunia berusia ratusan tahun

foto: Dok/Annisa Dhea

"Setelah dimasukkan ke dalam wadah, lalu dikukus sekitar satu jam, kemudian diangkat dan ditiriskan hingga beberapa menit kemudian siap dimakan," ungkap seorang penjual kue clorot di Pasar Baledono Purworejo, Budi ketika ditemui brilio.net, Jumat (16/12).

foto: Dok/Annisa Dhea

Selain itu, bentuknya yang unik membuat orang menjadi penasaran bagaimana cara membukanya dan makannya. Untuk orang yang belum terbiasa memakannya, maka mungkin akan membuka bungkusnya dari atas seperti sedang makan es krim.

"Cara makan jajanan clorot yang benar adalah dengan mendorong bagian bawah, yakni sisi berbentuk corong ke atas menggunakan satu jari. Isi clorot akan keluar dari atas, kemudian siap untuk dimakan," lanjutnya.

Dengan dibandrol dengan harga yang tak begitu mahal, wajar jika kue clorot selalu habis dijual. Harga per ikat dengan isi 10 biji hanya Rp 10.000.

"Alhamdulillah tiap hari laris dibeli apalagi pas lebaran itu ramai banyak yang cari," katanya.

foto: Dok/Annisa Dhea

Memang biasanya makanan unik ini hanya terdapat pada acara hajatan dan ada di jajanan pasar tradisional. Memiliki rasa yang manis, gurih dan legit membuat clorot sangat diminati semua kalangan dan tak pernah lekang oleh zaman.

Kudapan kue clorot bisa dilengkapi dengan minuman hangat untuk menyertai rasa manis. Seperti, sambil minum kopi atau teh dapat memberikan kesan hangat di tubuh dan membuat suasana menjadi rileks.

Tak hanya itu, kue clorot ini bisa dijadikan sebagai buah tangan saat berkunjung ke Purworejo. Kuliner khas ini bisa bertahan hingga dua hari dikarenakan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Reporter: mg/Annisa Dheaning Triprasiwi

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags