1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
29 Oktober 2022 05:00

9 Foto terbaru Kampung Wisata Kali Gajah Wong, dulu kumuh kini asri

Ada spot untuk foto, budidaya ikan, hingga tempat untuk menikmati gemericik air mengalir guna melepas penat. Brilio.net
foto: Feni Listiyani

Brilio.net - Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi. Destinasi wisata alam, kuliner, hingga sejarah tersaji di Yogyakarta. Bahkan di sini juga memiliki wisata kampung. Salah satunya Kampung Wisata Kali Gajah Wong. Kampung wisata ini memang masih tergolong baru. Pasalnya Kampung Wisata Kali Gajah Wong dulunya merupakan kampung kumuh, dan kemudian bebas dari kawasan kumuh pada 2019. Nah, kali ini brilio.net akan mengajak kamu untuk melihat beberapa potret terbaru Kampung Wisata Kali Gajah Wong.

Mengenal Kampung Wisata Kali Gajah Wong.

Salah satu destinasi wisata yang menarik buat kamu kunjungi adalah Kampung Wisata Kali Gajah Wong yang terletak di Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo.

BACA JUGA :
Arsip Jogja, data sejarah yang jadi destinasi wisata kekinian


Kali Gajah Wong ini dulunya merupakan tempat kumuh lantaran sebagai tempat pembuangan sampah bagi masyarakat dan tempat kandang babi. Namun, masyarakat setempat memiliki banyak ide kreatif untuk memanfaatkan lokasi tempat mereka tinggal menjadi tempat wisata sehingga banyak pengunjung yang datang.

"Berawal dari inisiatif masyarakat untuk membuat kali ini bersih dan tidak menjadi tempat pembuangan sampah lagi. Awalnya nggak ada tujuan untuk sebagai tempat wisata namun hanya untuk membuat kali bersih tapi kalau wisata itu bonus," ujar Adit, selaku Sekretaris Bendung Lepen kepada brilio.net, Jumat (28/10).

Kampung wisata ini terdiri dari beberapa wisata di antaranya ada Bendung Lepen dan Dermaga Cinta Kali Gajah Wong. Keduanya menjadi sering dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang bagus untuk spot foto. Selain itu, area Bendung Lepen dikelilingi oleh banyak ikan yang dibudidayakan sehingga menambah daya tarik kampung wisata tersebut.

BACA JUGA :
Menyelami keindahan dan keunikan Masjid Perak Kotagede Jogja

Selain menjadi objek wisata, kampung wisata ini juga terdapat UMKM yang dikelola warga, di antaranya UMKM Abon Nabati dan UMKM kerajinan aluminium. Di kawasan wisata juga ada banyak homestay bagi wisatawan.

Tidak ada tiket masuk di Kampung Wisata Kali Gajah Wong, melainkan hanya dengan membayar parkir seikhlasnya saat kamu bertandang. Buat kamu yang suka dengan keindahan kali (sungai) dan penggemar ikan, kamu bisa melihatnya di Kampung Wisata Kali Gajah Wong. Kamu juga sekaligus bisa menikmati gemericik aliran air di sungai sambil memberi makan ikan dengan pelet seharga Rp 2.000 untuk 1 gelas pelet.

Nah, penasaran dengan deretan potret Kampung Wisata Kali Gajah Wong terbaru? Berikut potretnya yang dirangkum brilio.net, Jumat (28/10).

Magang: Feni Listiyani

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags