1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
19 Januari 2019 23:04

5 Pesona keindahan bawah laut Bangsring, spot snorkeling keren

Ada cerita menarik di balik keindahan laut Bangsring. Syifa Fauziah

Brilio.net - Selain keindahan pegunungan, Banyuwangi juga menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Salah satunya adalah Bangsring. Biota laut yang banyak dan terumbu karang yang indah membuat peserta Famtrip asal Malaysia terpesona.

Hamparan pasir hitamnya mempesona dengan latar belakang Selat Bali nan eksotis. Airnya jernih dengan ombak yang landai. Bawah lautnya sudah pasti paten. Wisatawan bisa melihat keindahan terumbu karang yang masih asli. Selain itu juga ada terumbu karang yang baru ditanam di wilayah selat Bali ini. Luasnya sekitar 15 hektare.

BACA JUGA :
Pesona Blue Fire Ijen hipnotis wisatawan asal Malaysia


"Rumah Apung Bangsring sangat keren. Destinasinya menyuguhkan keindahan bawah laut. Di sana juga terdapat penangkaran ikan hiu. Selain snorkeling kami juga bisa melihat ikan hiu secara langsung. Sangat worth it snorkeling di sana karena pemandangan bawah lautnya sangat bagus," ujar Manager Worldwide Network Services, Nora Yap Hui Kien dalam siaran pers yang brilio.net terima, Jumat (18/1).

Ucapan salah satu peserta itu bukanlah isapan jempol. Destinasi yang berada di Desa Bangsring, Banyuwangi sukses bertransformasi menjadi tujuan wisata yang cukup seksi untuk dikunjungi. Pantai yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Banyuwangi itu kini menjadi idola baru wisata ujung timur Pulau Jawa.

Soal atraksi sudah pasti banyak. Pengunjung bisa menikmati snorkeling bahkan diving di Rumah Apung. Bahkan bisa sambil berselfie ria dengan ikan-ikan di dalamnya. Jika sudah puas, wisatawan juga dapat menikmati wahana banana boat disana.

BACA JUGA :
7 Tempat honeymoon di Banyuwangi buat pengantin baru, romantis abis

"Bangsring itu luar biasa. Hamparan terumbu karang dengan bentangan coralnya bagai permadani. Makin keren lagi dengan banyaknya ikan hias yang mengitarinya. Bahkan kita bisa selfie bersama ikan-ikan disana. Makanya peserta famtrip Malaysia ini kita ajak kesana," ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, diamini Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung.

Dahulu daerah Bangsring dikenal dengan pantai yang kotor dan rusak. Masyarakatnya biasa mencari ikan di wilayah ini dengan menggunakan bom ikan atau menggunakan apotas. Bahkan mereka juga mencungkil dan merusak karang. Menurut kriteria Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), terumbu karang dan ekosistem lautan di pantai ini termasuk dalam kriteria rusak berat. Cakupan kerusakannya lebih dari 80 persen.

Penasaran kan dengan potret-potret dari Bangsring yang punya spot snorkeling-nye keren. Brilio suguhkan potret-potret keindahan dari Bangsring.

1. Pantesan saja menjadi spot snorkeling yang keren. Airnya jernih dengan ombak yang landai.

foto: istimewa

2. Selain snorkeling, di Bangsring bisa melihat ikan hiu secara langsung.

foto: istimewa

3. Dulunya wilayah ini merupakan pantai yang kotor. Tak sedikit oknum yang tak beratanggung jawab merusak terumbu karang.

foto: istimewa

4. Melihat kondisi itu, muncul kesaradan masyarakat setempat untuk memperbaiki kawasan pantai. Perbaikan kawasan ini dipelopori oleh pemuda bernama Ikhwan Arief yang kemudia membentuk superteam untuk memberbaiki ekosistem Bangsring.

foto: istimewa

5. Kerjas keras untuk memperbaiki kawasan ini terbyarkan. Bangsring menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banyuwangi.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags