1. Home
  2. ยป
  3. Gadget
12 Februari 2019 17:40

3 Cara mengetahui WhatsApp dibajak dengan mudah

Jangan malas untuk selalu mengecek settingan WhatsApp-mu. Berbahaya jika sudah terbajak! Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Di zaman modern saat ini setiap orang sepertinya sudah memiliki handphone canggih alias smartphone. Bahkan dalam sehari 24 jam, manusia selalu sibuk dan tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Terkadang saking asyiknya bermain HP, orang cenderung lupa dengan aktivitas aslinya di kehidupan nyata.

WhatsApp adalah aplikasi percakapan internet yang paling populer saat ini. WhatsApp adalah salah satu aplikasi perangkat lunak paling pribadi yang dimiliki orang di Android maupun iOS. Tentunya banyak rahasia yang tersimpan di dalam aplikasi WhatsApp.

Saking rahasianya, banyak orang yang mengunci aplikasi WhatsApp melalui HP-nya. Orang memiliki anggapan kalau WhatsApp sudah dikunci, maka tidak akan ada orang yang bisa membuka selain dirinya. Namun perlu kamu ketahui, WhatsApp bisa dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Meski kamu tak dapat menggunakan nomor WhatsApp yang sama di dua perangkat, tetapi siapa pun dapat memata-mataimu dengan fitur yang dikenal sebagai WhatsApp Web. Orang dengan mudah bisa masuk menyusup ke dalam aplikasi WhatsApp kemudian mampu mengotak-atik isinya.

Orang yang tidak bertanggungjawab tersebut masuk menyelinap ke kehidupanmu melalui WhatsApp. Mereka hanya membutuhkan beberapa detik saat ponselmu tidak berada pada keadaan terkunci dan juga melalui barcode web WhatsApp.

Hacker alias para pembajak bisa dengan mudah melihat semua obrolan dan mediamu. WhatsApp di ponselmu terlihat berfungsi secara normal, namun ternyata semua yang kamu kirim atau terima akan tercermin di perangkat hacker.

Tapi kamu tidak perlu cemas. Ada cara mudah agar kamu tahu WhatsAppmu sedang dibajak orang. Setelah mengetahuinya, kamu perlu belajar untuk melindungi WhatsAppmu dari serangan apa pun. Simak rangkumannya di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (12/2).


1. Cara mengetahui WhatsApp dibajak melalui WhatsApp web.

BACA JUGA :
12 Ilustrasi unik andai orang zaman dahulu sudah main gadget


foto: gotechug


Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah buka aplikasi WhatsAppmu. Kemudian pilih pada opsi menu dengan 3 titik vertikal di atas sudut kanan atas. Lalu klik pada opsi web WhatsApp, kamu bisa memeriksa perangkat atau aplikasi apa pun yang memiliki akses ke WhatsAppmu.

Jika satu atau beberapa komputer dengan sesi terbuka muncul padahal kamu tidak pernah merasa sedang mengaksesnya, maka akun WhatsAppmu jelas sedang dibajak oleh perangkat lain. Akunmu diintervensi dan mereka memata-mataimu.


2. Cara mengetahui WhatsApp sedang dibajak oleh perangkat lain.

BACA JUGA :
Cara pakai Google Maps biar nggak nyasar, mudah dan tidak ribet

foto: digitbin


Cara lain di mana orang mampu membajak WhatsAppmu adalah dengan mengaktifkannya di perangkat lain. Pada dasarnya mereka mendaftarkan nomor WhatsAppmu di ponsel lain. Kemudian mereka mampu mengkonfigurasi, memulihkan semua obrolan atau percakapanmu.

Siapa pun dapat membajak WhatsAppmu ketika mereka mengambil ponselmu, kemudian menerima verifikasi yang dikirim WhatsApp. Kamu akan menerima pesan yang berisi "Ponsel ini tidak dapat diverifikasi, karena nomor terdaftar pada perangkat lain". Jika kamu menerima pesan tersebut, maka WhatsApp-mu sudah dibajak orang lain.


3. Cara mengetahui seseorang membajak file WhatsAppmu.

foto: gotechug


Pembajakan dengan metode ini sering dilakukan. Hacker bisa mudah melakukan pembajakan WhatsApp-mu meskipun kamu sudah mengunci WhatsApp, bahkan dengan AppLock. Saat hacker mendapatkan akses ke perangkatmu, dalam beberapa menit mereka akan dapat membaca atau menghapus percakapan WhatsApp dari perangkat lain.

Apabila kamu mengetahui pesan WhatsAppmu terbuka dan membalas sendiri, berarti WhatsAppmu sudah dibajak. Contoh lainnya, temanmu tiba-tiba memberikan chat baru dengan isi pesan marah. Temanmu mengatakan kalau pesan yang sebelumnya tidak kamu balas, padahal kamu merasa belum membukanya.

Selain itu apabila ada temanmu yang memberitahu kalau kamu sedang online, padahal kamu tidak sedang online. Berarti WhatsAppmu memang sudah dibajak oleh orang lain.

Selalu waspada ya!

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags