1. Home
  2. ยป
  3. Hits
16 April 2019 15:51

Fast food dan junk food ternyata nggak sama, ini 5 perbedaannya

Kandungan gizi fast food dan junk food berbeda. Apalagi jenisnya Kurnia Putri Utomo

Brilio.net - Di era modern ini, orang-orang disibukkan dengan beragam aktivitas. Saking sibuknya, banyak orang tidak sempat makan. Oleh karena itu kini muncul beberapa makanan yang dapat disantap dengan cepat.

Makanan yang bisa disantap dengan cepat biasa disebut sebagai junk food atau fast food. Nah, dua jenis makanan ini bahkan sudah lama mengiringi gaya hidup masyarakat modern. Alasan cepat disajikan dan tidak ribet membuat manusia modern selalu memilih menyantap junk food atau fast food.

BACA JUGA :
7 Makanan alami ini dapat mencegah kanker serviks


Dua jenis makanan ini sering dianggap tidak sehat. Orang-orang sering menyebut jenis makanan tersebut tidak memiliki kandungan gizi. Bahkan banyak yang mengaitkan junk food dan fast food sebagai penyebab munculnya beragam penyakit.

Namun ternyata tidak banyak orang tahu kalau sebenarnya junk food dan fast food itu berbeda. Ternyata dua jenis makanan ini punya kandungan berbeda.

Hmmm, penasaran kan, seperti apa perbedaan junk food dan fast food?

BACA JUGA :
8 Manfaat es krim ini jarang diketahui, bisa turunin berat badan

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/4), berikut 5 perbedaan junk food dan fast food.

1. Perbedaan definisi

foto: merdeka.com

Junk food adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang rendah hingga gizi yang juga sedikit. Namun junk food memiliki kadar lemak yang tinggi serta tidak baik untuk kesehatan manusia.

Sedangkan definisi fast food adalah makanan yang disajikan dan dibuat dengan proses yang cepat. Dianggap sebagai makanan yang berkualitas rendah kemudian dikemas ke dalam sebuah bentuk paket agar bisa dibawa.

Simpelnya, junk food disebut sebagai makanan sampah sementara fast food disebut sebagai makanan cepat saji.

2. Kandungan gizi



foto: merdeka.com

Junk food disebut makanan sampah karena kandungan gizinya rendah dan sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Sementara fast food masih memiliki gizi yang dibutuhkan tubuh meskipun kadarnya sedikit. Fast food biasanya kaya akan karbohidrat sebagai tenaga untuk aktivitas sehari-hari.

3. Cara penyajian

foto: merdeka.com

Junk food disajikan dalam kemasan tertutup dan kedap udara. Junk food biasanya sudah diawetkan terlebih dahulu.

Sementara itu fast food disajikan dalam kemasan terbuka. Fast food harus segera dimakan agar kualitasnya tetap baik saat dimakan.

4. Cara pengolahan

foto: merdeka

Junk food dikemas dalam keadaan matang sehingga bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan fast food harus dimasak dahulu sebelum disantap.


5. Contoh makanan

foto: merdeka

Beberapa contoh junk food adalah permen, minuman bersoda, coklat, keripik kentang atau snack ringan, es krim, dan lain sebagainya.

Sementara contoh fast food adalah pecel, sandwich, sushi, kebab, salad buah, kentang goreng, dan lain sebagainya.



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags