Brilio.net - Epidemi tembakau jadi salah satu ancaman terbesar kesehatan masyarakat dunia. Selama ini kita tahu kalau merokok dan menggunakan produk tembakau lain bisa menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru. Namun ternyata kesehatan mulut juga jadi salah satu yang terkena dampak buruk dari merokok.

Penelitian terbaru menunjukkan mengisap rokok dapat meningkatkan kemungkinan bakteri tertentu tak hanya akan 'mendirikan kemah' tapi juga akan 'membangun sebuah kota' yang berkubu di mulut dan melawan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat perokok rentan terhadap penyakit mulut.

BACA JUGA: Alat ini dijamin bikin para perokok berat kapok merokok!

Bakteri dapat membentuk biofilm pada sebagian besar permukaan termasuk gigi, katup jantung dan saluran pernapasan. "Bakteri yang melekat di suatu permukaan bisa menyerang sistem kekebalan tubuh, tahan terhadap antibiotik dan bertindak sebagai reservoir untuk infeksi persisten," kata salah satu peneliti David Scott dari University of Louisville School of Dentistry di Amerika Serikat, seperti dikutip brilio.net dari TimesofIndia.

Salah satu biofilm yang paling umum adalah plak gigi yang dapat menyebabkan radang gusi serta penyakit mulut yang lebih parah seperti periodontitis. Biofilm tersebut melapisi enamel sehingga bakteri lain juga dapat melekat pada matriks glukan yang dibentuk bakteri (seperti Streptococcus mutans) dan membentuk plak gigi. Sementara periodontitis merupakan infeksi gusi berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Kondisi ini tak boleh dianggap sepele dan harus segera diobati. Menurut para peneliti, selain menyebabkan gigi tanggal, bakteri yang ada di dalam jaringan gusi juga bisa masuk ke aliran darah dan menyerang organ tubuh lainnya, misalnya paru-paru dan jantung dan mengakibatkan infeksi. Jika hal ini terjadi, maka komplikasi-komplikasi yang lebih serius bisa dialami oleh penderita periodontitis, seperti rheumatoid arthritis, gangguan pernapasan, stroke, bahkan penyakit jantung koroner.

Tuh, nyatanya merokok bisa menimbulkan banyak komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan ya. Gimana masih mau merokok? Kesehatanmu, lho!