Brilio.net - WhatsApp saat ini menjadi salah satu platform chat terpopuler di dunia. Tampilannya yang simpel dan nggak neko-neko, memungkinkan orang dari kalangan apapun bisa menggunakannya. Jangan heran kalau orang tua di Indonesia kini sudah bisa mengoperasikan WhatsApp. Tuntutan zaman memang membuat semua orang harus belajar teknologi.

Salah satu yang membuat WhatsApp selalu ramai adalah hadirnya grup-grup yang dibuat oleh penggunanya. Mulai dari grup keluarga, grup kantor, grup kelas kuliah atau sekolah dan masih banyak lagi. Namun anehnya, di WhatsApp kita bisa memasukkan nomor telpon ke grup tanpa harus menunggu persetujuan sang pemilik. Kadang ini suka bikin kesal juga, ketika nomormu diundang ke grup yang nggak dikenal.

Tapi tak usah khawatir, WhatsApp kini memungkinkan kamu untuk mencegah orang lain memasukkan kamu ke grup tanpa izin. Dengan demikian, orang tak bisa sembarangan memasukkan kamu dalam sebuah grup WhatsApp. Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Jumat (8/11), fitur ini terdapat dalam pengaturan privasi terbaru untuk grup chat. Untuk mengaktifkan fitur baru WhatsApp ini, kamu bisa membuka Pengaturan atau Setting dalam aplikasi.

Selanjutnya, ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi yang disediakan. Tiga opsi pada WhatsApp tersebut antara lain adalah Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contact), atau Kontak Saya Kecuali (My Contact Except).

grup whatsapp cegah diundang © liputan6.com

foto: liputan6.com

 

Jika kamu memilih opsi 'Semua Orang', artinya semua pengguna WhatsApp (tanpa terkecuali) boleh memasukkan nomor kita ke grup mana pun. Kemudian, jika kamu memilih opsi 'Kontak Saya' berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam kontak kamu yang dapat menambahkan ke dalam grup. Sementara, opsi 'Kontak Saya Kecuali' menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup chat.

Nantinya, admin yang tidak dapat menambahkan kamu ke dalam grup akan diminta untuk mengirimkan undangan pribadi melalui chat individual, yang memberikan kamu pilihan apakah berminat untuk bergabung ke dalam grup atau tidak. Kamu juga diberi kesempatan untuk memutuskan, apakah mau menerima undangan tersebut atau tidak, dalam waktu tiga hari sebelum batas waktu berakhir.